7 Syarat Utama Pembuatan Pabrik Pengolahan Sawit

Apa saja syarat utama untuk mendirikan pabrik pengolahan sawit? Menjawab pertanyaan tersebut tentu saja syarat utama yang harus dipenuhi oleh pabrik kelapa sawit adalah berbagai macam hal yang berkaitan dengan perkebunan serta pabrik kelapa sawit itu sendiri, khususnya bagian-bagian yang mendukung efektifitas dari kedua bagian tersebut. Keberadaan pabrik umumnya dilakukan untuk menghemat tenaga, biaya serta waktu. Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut, maka area perkebunan pun menjadi bagian penting untuk dilengkapi dengan pabrik pengolahannya secara langsung.
Berikut ini adalah beberapa bagian penting dari syarat utama yang harus dimiliki oleh pabrik pengolahan sawit tersebut, diantaranya :
1. Ketersediaan bahan baku
Syarat pertama yang wajib untuk dimiliki pabrik kelapa sawit adalah ketersediaan dari bahan baku yang hendak digunakan olehnya. Pabrik termasuk dalam jenis investasi dengan modal yang padat dan juga membutuhkan dana lumayan besar. Karena itulah sebelum direalisasikan, maka perhitungan pun harus dilakukan dengan lebih matang. Pada umumnya dengan kualitas bahan baku kelapa sawit yang baik, makaproses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goring yang dilakukan di pabrik itu pun akan menghasilkan kualitas yang bagus pula.

2. Aksesibilitas yang mencukupi
Pabrik juga dapat dibangun asalkan memiliki tingkat aksesibilitas yang memadai. Khususnya berkaitan dengan kondisi geografis dari lokasi tersebut. Karena itulah perkebunan kelapa sawit pun tentunya akan lebih baik jika didukung dengan kehadiran alur pengangkutan yang lebih mandiri. Hal ini berguna dalam menghindari konflik diantara pihak pemilik perkebunan dengan penduduk setempat.

3. Tata letak untuk layout perkebunan
Pabrik yang didirikan di perkebunan juga akan lebih baik apabila dibuat dengan pertimbangan layout tampilan perkebunan itu terlbeih dahulu. Dalam pengaturan layout perkebunan, terdapat tiga hal yang paling utama untuk diperhatikan, yaitu tata letak pabrik, kantor, dan juga perumahan. Sementara itu, untuk bagian lain yang dikenal sebagai pendukung dari segi sarana dan prasarana, seperti halnya bangunan pabrik, kemudian pos, perumahan, tempat ibadah, loading ramp, stasiun press, tangki timbun, jembatan, laboratorium, bengkel, kolam penyediaan air atau bahkan kolam limbah  pun juga harus turut diperhatikan tata letaknya.

7 syarat Utama Pembuatan Pabrik Pengolahan Sawit
Pabrik Sawit di antara Perkebunan Sawit

Syarat Utama Pembuatan Pabrik Pengolahan Sawit

4. Tingkat kesehatan mengacu pada iklim dan lingkungan
Selain syarat di atas, kesehatan juga menjadi syarat lain yang diwajibkan dalam pembuatan pabrik yang satu ini. Karena itulah faktor yang mendukung pada kesehatan, khususnya berkaitan dengan iklim dan lingkungan pun  perlu diperhatikan dengan lebih teliti. Dimulai dari arah kecepatan angin, mengenal tingkat kebisingan, polusi bau yang mungkin dihasilkan dari kolam limbah, dan juga berbagai macam faktor kesehatan lainnya.

5. Penelitian Topografi atau lokasi tanah
Penelitian yang satu ini umumnya berkaitan dengan jenis tanah yang ada di lingkungan pabrik, kemudian suitabel yang dimiliki oleh tanah tersebut, dan juga tingkat ketinggian level air yang terdapat di dalam tanah itu tadi, serta tingkat kepadatan yang dimilikinya.

6. Perhitungan untuk aspek ekonomi serta sosial
Dalam pembuatan pabrik, perhitungan juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan perhitungan pada biaya pembuatan pabrik kelapa sawit mini saja, malainkan berkaitan pula dengan perhitungan ideal antara jarak pabrik dengan perumahan warga setempat. Selain itu jika terdapat aliran sungai, maka hal ini dapat dimanfaatkan. Namun tetap pastikan untuk tidak mengganggu aktifitas masyarakat sekitar. Kemudian support terhadap material yang ada di lingkungan perkebunan pun juga harus dilakukan dengan lebih baik.

7. Pengurusan perizinan dan peralatan pendukung lainnya
Selain proposal pembangunan pabrik kelapa sawit, beberapa bentuk surat perizinan pun perlu diurus dengan lebih seksama.seperti halnya SIUP, HGB, SITU, IMB, IPAL, dan juga berbagai macam bentuk peizinan serta peralatan pendukung pabrik pengolahan sawit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *