Banyaknya Pabrik Kelapa Sawit Di Sumatera

Di Pulau Sumatera memang terdapat banyak daftar pabrik kelapa sawit yang ada termasuk daftar pabrik kelapa sawit di Lampung. Lampung adalah salah satu nama provinsi yang ada di daerah Sumatera. Provinsi Lampung ini juga dikenal dengan provinsi yang memiliki pantai yang indah dan jernih di daerah Sumatera. Maka dari itu, banyak sekali yang datang ke daerah Lampung hanya untuk menikmati pemandangan pantainya. Apalagi lokasinya yang sangat mudah dijangkau dari kota besar seperti daerah Jakarta dan sekitarnya ini membuat lokasi seperti pantai – pantai yang indah ini akan selalu ramai  pada masa liburan. Bakauheni adalah pelabuhan di mana para pengunjung yang biasanya datang dari Pulau Jawa untuk menikmati keindahan provinsi Lampung.Selain memiliki keindahan alam yang indah, daerah lampung juga dikenal dengan Sekolah gajah Way Kambas. Di mana di tempat ini, jenis – jenis gajah dilatih dan diajarkan supaya tidak takut dengan manusia.

Lokasi daerah yang strategis pada provinsi Lampung ini memang sangat cocok untuk dijadikan usaha seperti kelapa sawit. Maka dari itu beberapadaftar pabrik kelapa sawit lampung juga telah ada dna beroperasi. Daerah Lampung ini bukan daerah pertama di Sumatera yang memiliki pabrik kelapa sawit. Karena, beberapa daftar pabrik kelapa sawit di Riau yang sudah lebih dahulu dijalankan. Provinsi Riau yang sangat berdekatan dengan Batam ini juga merupakan tempat yang strategis. Provinsi ini memiliki kekayaan alam yang sangat banyak. Apalagi di Provinsi ini terdapat sebuah ombak yang keberadaannya hanya di beberapa tempat di dunia. Salah satunya adalah di Provinsi Riau ini. Karena itu, biaya hidup di daerah ini bisa jadi cukup tinggi karena dikelilingi berbagai tempat – tempat yang spektakuler. Apalagi, Provinsi Riau ini juga berbatasan dengan negara – negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan juga Brunei Darussalam.

Bisnis kelapa sawit ini memang sangat berkembang dengan pesat di Indonesia. Karena kemampuan kelapa sawit yang bisa ditanam di berbagai jenis lahan ini membuat banyak para pengusaha mengandalkan usaha di bidang ini. Sehingga usaha ini akan sangat berkembang apabila dikelola dengan baik dan dijalankan oleh orang yang tepat. Pada umumnya sebuah usaha tentu memerlukan perencanaan yang matang. Sama halnya apabila menjalankan usaha seperti membuat pabrik kelapa sawit.

Perusahaan Yang Tidak Bertanggung Jawab
Dari kasus bencana kabut asap yang pernah terjadi beberapa waktu lalu itu ada bukti yang menunjukkan bahwa para pemilik usaha kelapa sawit ini juga turut andil. Hal ini karena, para pemilik usaha dan lahan ini terlalu gegabah untuk menanam kelapa sawit sehingga tidak memikirkan dampak jangka panjangnya. Diduga bencana kabut asap berasal dari tindakan sengaja oknum yang membakar lahan gambut yang akan ditanami kelapa sawit. Karena sifat dari lahan gambut yang mudah terbakar, maka kebakaran lahan ini menjalar dengan cepat. Sehingga terjadilah kabut asap yang memenuhi kota bahkan provinsi yang ada di daerah Sumatera ini. Bahkan kemunculan bencana kabut asap lalu juga sampai ke negara tetangga. Dampaknya adalah sejumlah penerbangan tergangu dan gagal terbang karena jarak pandang yang sangat terbatas. Dan yang paling parah adalah ketika para warga tidak bisa merasakan oksigen dengan bebas. Karena hal ini sangat mengganggu pernafasan dan membuat setiap warga perlu menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Untuk para pebisnis yang akan membuka pabrik kelapa sawit di Sumatera sebaiknya tidak melakukan hal – hal yang dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi lingkungan demi keuntungan pribadi semata.

Pengelolaan Pabrik Kelapa Sawit
Pengolahan minyak sawit ini memang sangat bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Seperti penggunaan minyak sawit untuk bahan bakar biosolar dan masih banyak yang lainnya. Segala bisnis yang berhubungan dengan minyak ini memang akan menjadi hal yang sangat diincar. Karena apabila disamakan dengan harga minyak dunia, maka pengusaha kelapa sawit ini akan semakin mengembangkan usahanya. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disipakan sebelum memulai bisnis kelapa sawit.

  • Memiliki Loading Ramp Yang Cukup
    Loading ramp pabrik kelapa sawit ini memang biasanya terbatas. Namun, hal ini juga bisa disesuaikan dengan seberapa besar dan banyaknya kelapa sawit yang akan diolah sehingga tandan buah segar ini tidak perlu menjadi sia – sia karena kapasitas yang tidak memadai.
  • Memiliki Tenaga Kerja Yang Memadai
    Walaupun untuk mengoperasikan kelapa sawit ini akan menggunakan mesin, namun tetap saja akan memerlukan operator yang terdiri dari tenaga kerja untuk mengoperasikan alat – alat atau mesin – mesin pada pabrik. Maka dari itu, walaupun pekerjaan pabrik sering dianggap sebelah mata oleh sebagian orang para pemiliki usaha kelapa sawit ini juga perlu memilih dan mengontrol proses seleksi dan rekrutmen pada tenanga kerja pabrik. Hal ini juga bisa membantu memberikan koneksi dan hubungan yang baik dalam menjalankan pekerjaan.
  • Tidak Mengganggu Lingkungan
    Untuk menanam kelapa sawit ini memang memerlukan lahan yang cukup. Namun, bukan berarti juga bisa dengan seenaknya menebang dan membakar hutan demi ditanami kelapa sawit. Hal ini akan merusak ekosistem dan bisa menjadi penyebab bencana kabut asap kembali terulang. Maka dari itu pembangunan pabrik kelapa sawit dan penanamannya ini perlu diperhitungkan supaya tidak mengganggu ekosistem yang berada di daerah yang akan ditanami kelapa sawit. Ada banyaknya daftar pabrik kelapa sawit yang ada di Sumatera ini semoga tidak mengganggu ekosistem lingkungan yang sudah ada sejak lama.

Merek Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses pabrik kelapa sawit berasal dari negara Eropa/ Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB-MODIPALM, WANG YUEN, Kejuruteraan WANG YUEN , SAWIPAC, KHUN HENG, YKL, EMI, MSB, MSHK, SEW Eurodrive, SEW, Flender, SIEMENS FLENDER, MUAR BAN LEE, MBL, SWF KRANTECHNIK, DEMAG, DEMAGCRANES, BOILERMECH, MECHMAR, ATMINDO, ADVANCE,  VICKERS, SAS, Super Andalas Steel, TAKUMA, MAX, MAX Chain, OCM, PRECISION, PC Chain, RENOLD, RENOLD Chain & Sprocket, OMEGA, KANA, HITACHI, TSUBAKI,  BROOK ANDELL, REXTON, EAST FORCE, NOVENCO, NORDISK, CHICAGO, PHOENIX, DOLPHIN, TECHNO, ABC,  HIP HING, APINDO, LAJU, AMKCO, SWECO, JINSHENG, KIEN SENG, KS,  VIBRECON, PMT,  Dong Yuan, GS, jayatech, ENMIN, ERIEZ, serumpun Indah Lestari, SIL,  MTP, TORISHIMA, KEW CRACKER, KEW, KEW Pump, viktorindo, ARITA, HOLY, UT PATRIA, RICTEC, KOMPTECH, FRONTIER, asia green, aneka hydraulic, REXROTH,  MSHK, MSB, Mega Engineering, UNIVESSEL,  AWAN TIMUR, MUARA PALMA, SEW, EATON, HSS, M-VANCE,  ARI ARMATUREN, TECO, ELEKTRIM, ELECTRIM, ELECON, FLENDER, BREVINI,  MOLLER, SUMITOMO, SIEMENS, DEMAG, DEMAG CRANE, DEMAGCRANES, KONE, KONECRANES, Wampfler, CONDUCTIX, NADROWSKI, KKK, Atlas Copco, Dresser Rand, ELLIOTT, SHINKO, DEUTZ, Mercedez,  MTU, SKF, NTN, FAG, KINGOYA, ETANI, PALFINGER, SIHI, FOSS – NIR, NIR, SPEC, Sovereign Palm oil extractor cleanser, fusheng, SUNLE, SINACO, Szetech, SEKO, OKM, MTO2, SPECK PUMPEN, Southern Cross, WARMAN, TSURUMI, NIKKISO, ALLEN GWYNNES, dll.

One thought on “Banyaknya Pabrik Kelapa Sawit Di Sumatera”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *