Canggihnya Mesin Pengolah Kelapa Sawit Terbaru

Mesin pengolah kelapa sawit terbaru menjadi primadona bagi berbagai pabrik pengolahan kelapa sawit di Indonesia. Hampir semua produsen kelapa sawit di tanah air menggunakan berbagai jenis mesin canggih yang memudahkan proses pengolahan kelapa sawit dengan harga yang lumayan tinggi. Pada dasarnya, penggunaan mesin pengolahan kelapa sawit didasarkan pada tahapan atau proses pembuatan kelapa sawit itu sendiri, anda penasaran bagaimana setiap mesin digunakan berdasarkan proses pengolahan kelapa sawit. Maka simak ulasan selangkapnya berikut ini.

Mesin Pengolah Kelapa Sawit Berdasarkan Proses Pembuatannya

  • Tahap fruit reception station atau penerimaan buah

Pada tahapan pembuatan minyak sawit, ada beberapa mesin kelapa sawit mini yang canggih yang digunakan oleh para produsen minyak kelapa sawit. Beberapa diantaranya ialah seperti jembatan timbang kapasitas 30 ton, loading ramp, rail track, keranjang buah, idler bollard, dan palm oil crane atau ganty crane.

  • Tahap sterilizer station atau rebusan buah

Pada tahap kedua ini, mesin pengolahan kelapa sawit yang dipakai oleh para produsen ialah mesin rebusan yang akan digunakan untuk merebus kelapa sawit sehingga bisa terlepas dengan mudah dari tandannya.

  • Tahap threshing station atau stasiun bantingan

Ini merupakan tahapan ketiga yang harus dilewati dalam proses pengolahan kelapa sawit hingga menjadi minyak inti sawit. Pada tahap ini mesin yang dipakai ialah mesin bantingan, hoisting crane, incinerator, dan conveyor tandan kosong.

  • Tahap presan atau pressing station

Ini merupakan tahap keempat yang harus dilakukan produsen dalam mengolah kelapa sawit hingga menjadi minyak sawit dengan bantuan berbagai mesin canggih. Beberapa mesin pengolahan kelapa sawit yang digunakan pada tahap ini ialah seperti mesin elevator, conveyor buah, ketel aduk, cake braker conveyor, kempa ulir, saringan getar, crude oil gutter dan bak pasirnya, dan tangki minyak beserta bagian pompa. Selain itu, pada tahap ini juga ada vibrating screen pabrik kelapa sawit yang berfungsi sebagai ayakan yang memisahkan padatan dalam minyak kasar dengan cara di ayak sebelum dimasukkan ke dalam crude oil gutter.

  • Tahap clarification station atau stasiun klarifikasi

Dalam tahap pembuatan minyak kelapa sawit kelima ini , beberapa mesin yang digunakan diantaranya adalah tangki klarifikasi kontinyu, tangki minyak, tangki untuk sisa air drain serta bagian penampung dari sisa minyak yang ada. Kemudian ada pula mesin oil separator / centrifuge, Purifier minyak, pengering vakum yang digunakan dengan sistem injeksi uap.

  • Tahap tangki timbun

Pada tahapan ini, akan digunakan 2 buah tangki timbun, dimana satu tangki timbun akan memiliki ukuran sekitar 2.000 ton dan satu tangki timbunnya lagi akan berukuran 500 ton.

  • Tahap stasiun depericarper

Pada tahap ini, mesin yang akan digunakan dalam proses pengolahan kelapa sawit ialah mesin depericarper, selanjutnya akan digunakan transpor pneumatik untuk bagian ampas serta bagian siklon ampas kelapa sawit.

  • Tahap kernel recovery station ¬†atau stasiun biji

Pada tahap ini, mesin yang digunakan oleh para produsen kelapa sawit ialah seperti mesin silo biji, alat pemecah biji, drum untuk pembagi biji, mesin silo inti,  conveyor cangkang, sistem winnowing, sistem pemisah hidrosiklon, dan sistem pemisah pneumatis yang berfungsi untuk campuran kelapa sawit pecah.

Selain beberapa jenis mesin pengolah kelapa sawit terbaru berdasarkan tahapan pembuatan minyak kelapa sawit di atas tersebut, pada dasarnya masih terdapat berbagai macam jenis mesin pengolah kelapa sawit lainnya yang tidak kalah penting dan canggih. Semua jenis mesin yang digunakan dalam proses pengolahan kelapa sawit hingga menjadi minyak sawit dijual dengan harga yang sangat tinggi, bahkan harga bandrol mesin tersebut akan mempengaruhi harga limbah cair hasil proses mesin pengolahan kelapa sawit itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *