Cara Kerja Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Bagaimanakah cara kerja Mesin Decanter di pabrik kelapa sawit? Sebelum mengetahuinya lebih lanjut mari kita lebih mengenal mengenai Mesin Decanter terlebih dahulu. Mesin Decanter sering disebut juga dengan Mesin Centrifuge. Mesin ini adalah jenis mesin yang sering ditemukan di perusahaan kelapa sawit. Mesin ini memiliki fungsi seperti stasiun klarifikasi yang digunakan untuk memisahkan cairan atau suspensi berdasarkan berat jenisnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya Mesin Decanter adalah mesin yang memiliki tugas yang sama dengan mesin klarifikasi sehingga fungsinya dapat digunakan untuk menggantikan banyak komponen. Sayangnya penggunakan Mesin Decanter ini belum banyak di pilih karena memiliki biaya yang besar. Tapi mesin ini biasa dipilih oleh perusahaan-perusahaan yang besar karena merupakan salah satu bentuk investasi yang menguntungkan.

Tugas dari Mesin Decanter

Pada dasarnya Mesin Decanter memiliki fungsi untuk memisahkan sebuah cairan. Jika di dalam sebuah pabrik pengolahan minyak kelapa sawit, Mesin Decanter ini memiliki tugas untuk memproses cairan minyak yang disebut crude oil. Crude oil yang berasal dari tank crude oil di masukkan ke Mesin Decanter ini untuk memisahkan minyaknya dari bahan-bahan yang berbentuk padat atau serat halus dari kelapa yang masih terkandung di dalam crude oil. Serat ini kemungkinan merupakan bahan-bahan yang ikut pecah saat pengolahan berupa pengepresan yang dilakukan sebelumnya, namun ukurannya terlalu kecil sehingga tidak dapat disaring. Serat ini harus dipisahkan dari crude oil karena serat ini menyebabkan minyak menjadi terlalu kental sehingga output dari Mesin Decanter ini adalah minyak yang lebih ringan.

Cara Kerja Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Jenis-jenis Mesin Decanter

Mesin Decanter juga merupakan sebuah mesin yang keberhasilannya tidak tentu, keberhasilan dari mesin ini ditentukan dengan banyak faktor, misalnya adalah komponen yang ada di dalam cairan yang akan dipisahkan mengenai rasio yang ada di dalamnya apakah sesuai dengan alat tersebut atau tidak. Oleh karena fungsi alat juga mempengaruhi keberhasilan dari mesin, maka Mesin Decanter sendiri ada banyak sekali jenisnya. Diantaranya adalah:

  • Mesin Decanter 3 fase

Mesin Decanter 3 fase ini adalah Mesin Decanter yang digunakan untuk memisahkan sebuah suspensi yang memiliki 3 buah komponen didalamnya yaitu komponen minyak, komponen cair dan juga komponen padat. Mesin ini dapat digunakan untuk menggantikan posisi dari pemurni minyak dalam sebuah pabrik pengolahan minyak sawit.

  • Mesin Decanter 2 fase

Sesuai dengan namanya, mesin ini hanya dapat digunakan untuk memisahkan cairan atau suspensi yang memiliki 2 buah komponen didalamnya yaitu komponen padat dengan air atau komponen padat dengan minyak.

Sesuai dengan namanya dan juga jenisnya, mesin ini dapat ditempatkan sesuai dengan kegunaannya, misalnya di bagian hilir klarifikasi, di bagian hulu atau dibagian tengah. Semuanya sesuai dengan fungsi dan juga kebutuhan dari pabrik tersebut.

Prinsip kerja mesin di pabrik tanpa Mesin Decanter

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara kerja Mesin Centrifuge atau Mesin Decanter dapat digunakan untuk menggantikan pekerjaan banyak unit di sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit. Didalam pabrik pengolahan kelapa sawit setelah sebuah kelapa mengalami pengepresan ia akan masuk ke stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit, disini akan dilakukan proses penyaringan dan juga proses fraksinasi untuk menghilangkan bau khas dari minyak sawit. Setelah masuk ke bagian ini, minyak akan masuk ke sludge separator. Mesin ini adalah mesin yang digunakan untuk memisahkan eleman padat dan juga eleman cair pada sebuah produk minyak sawit.

Mesin Decanter di Pabrik Kelapa Sawit

Cara Kerja Mesin Decanter

Mesin Decanter adalah sebuah mesin yang sebetulnya tidak hanya ditemukan di pabrik pengolahan minyak kelapa sawit, anda juga bisa menemukan cara kerja yang sama dari mesin ini di pabrik-pabrik pengolahan limbah. Mesin Decanter ini adalah mesin yang bekerja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal. Mesin ini biasanya memiliki sebuah silinder yang digunakan sebagai poros separator. Cairan yang masuk ke bagian silinder ini nantinya akan diputar bersama dengan silinder. Kecepatan putaran ini akan membentuk sebuah gaya sentrifugal yang pada akhirnya nanti dapat memisahkan 2 buah komponen dalam cairan yang dimasukkan kedalam mesin tersebut. Ukuran kecepatan dari mesin ini disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaanya dan juga cairan yang akan dipisahkan, begitulah cara kerja Decanter sebagai mesin pemisah cairan di pabrik pengolahan kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *