Cara Memilih Mesin Perajang Tandan Kosong Sawit Yang Terbaik

Mesin perajang tandan kosong sawit adalah salah satu peralatan yang paling diperlukan dalam pengelolaan pabrik kelapa sawit. Proses penyaringan, pengendalian dan pemisahan tidak akan lengkap tanpa mesin perajang tandan kosong yang berfungsi mencacah dan menghancurkan sisa-sisa sabut dan kelapa sawit sampai lembut. Proses akhirnya selain berubah bentuk menjadi limbah tidak cair (sehingga tidak berbahaya) bisa diolah menjadi bahan baku kompos untuk kebun atau keperluan lainnya. Namun tentu semakin banyak tipe serta harga mesin pencacah sawit ini. Yang mana yang harus dibeli? Apakah sulit untuk mengerti mekanisme dari mesin ini? Apa juga kegunaan dari mesin pencacah tandan kosong selain untuk menghancurkan sisa-sisa kelapa sawit? Berikut panduannya di bawah ini.

Bicara tentang tipe dan harga tandan kosong kelapa sawit 2016 terlebih dahulu. Menyoal tipe, tentu banyak jenisnya dari mulai material, fungsi, ukuran dan sistem pisau pencacah. Kebanyakan memakai bahan baja yang kuat dengan ukuran mulai dari 2 mm, 5 mm, 10 mm, 14 mm sampai 24 mm. Sistem pisaunya kebanyakan memakai metode kombinasi sehingga kerja mencacah sangat cepat dan tidak akan membuat bahan cacahan menjadi kasar. Soal kapasitas juga bisa menjadi perhitungan sebelum membeli. Kebanyakan mesin pencacah bisa digunakan dalam batas 120 kg per jam dan ada juga ukurannya lebih kecil sehingga hanya bisa mencacah dalam batasan 50-75 kg per jam. Ini adalah hal yang harus diperhatikan bila ingin hasil cacahan cepat didapatkan tanpa menganggu seluruh proses penyaringan kelapa sawit. Untuk perusahaan atau pabril kecil, kapasitas 50-75 kg per jam sudah lebih dari cukup namun mungkin untuk beberapa perusahaan dalam skala lebih besar, butuh kapasitas yang juga lebih besar. Semua tergantung pilihan produsen.

Ada juga kegunaan lain mesin pencacah tankos yang harus kamu ketahui. Di antaranya untuk mencacah dan menghaluskan bahan-bahan lain seperti kacang kedelai, kulit kacang, kulit kopi (tidak heran banyak yang menggunakan mesin pencacah untuk proses pengelupasan biji kulit kopi), jagung dan lain-lain. Mesin pencacah pun bisa diaplikasikan sebagai pembuangan akhir bahan tidak terpakai atau sulit untuk dibuang seperti misalnya kotoran hewan, alang-alang atau rumbut. Tentu sekali lagi semua amat tergantung pada pilihan dan kegunaan yang diinginkan produsen.

Terakhir, untuk mekanismenya, mesin press tandan kosong sangat mudah dioperasikan oleh siapa saja. Tentu harus ada instruksi dan aturan yang harus diikuti dan dibiasakan sehingga tidak ada risiko kecelakaan atau kesalahan saat mengoperasikannya. Namun dengan instruksi yang tepat, mesin pencacah ini sangat sederhana dan aman digunakan. Cocok untuk segala pabrik dan tentu akan menyempurnakan proses keseluruhan kelapa sawit. Jadi bagaimana menurutmu? Sudahkah membeli salah satu tipe penyaring tandan kosong untuk hasil limbah pabrik atau sisa kelapa sawit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *