Cara Pengolahan Limbah Kelapa Sawit menjadi Pupuk Organik sebagai Pemanfaatan Limbah Secara Maksimal

Cara pengolahan limbah kelapa sawit menjadi pupuk organik bisa dilakukan dengan beragam cara. Indonesia kaya akan komoditi yang bisa diekspor ke luar negeri dan salah satunya adalah minyak kelapa sawit. Permintaan akan minyak kelapa sawit ini sendiri setiap saat selalu naik atau meningkat. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak mau menyia-nyiakan peluang ini dan mereka ingin membuat atau memproduksi minyak kelapa sawit. Hasilnya banyak lahan yang kemudian beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. Adanya industri kelapa sawit bisa jadi memberikan angin segar bagi masyarakat sekitar namun bisa juga memberikan dampak negatif jika limbah dari produksi minyak kelapa sawit ini tidak diolah dengan benar. Oleh sebab itu banyak orang yang kemudian memanfaatkannya untuk pupuk organik.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat limbah cair yang bisa kita temukan. Banyak riset membuktikan bahwa lahan menjadi sangat subur ketika diberi pupuk organik dari limbah kelapa sawit ini. Apa saja kandungan nutrisi organik yang ada di dalam limbah sawit cair ini?

  • Nitrogen’

  • Carbon

  • C-organik

  • Fosfat

  • K2O dan lain sebagainya.

    Cara Pengolahan Limbah Kelapa Sawit menjadi Pupuk Organik sebagai Pemanfaatan Limbah Secara Maksimal

Potensi menghasilkan pupuk organik dari satu buah industri kelapa sawit sendiri sangat besar. Selian itu harga limbah sawit cair yang cukup murah membuat anda sebaiknya memanfaatkannya dulu menjadi pupuk organik sebelum akhirnya anda menjual kembali limbah cair tersebut dalam bentuk pupuk organik. Dalam sehari, tahukah anda bahwa produsen atau pabrik kelapa sawit sebenarnya bisa memproduksi pupuk organik hingga 10-15 ton. Anda bisa mulai menghitung sendiri berapa banyak pupuk organik yang bisa dihasilkan dalam satu tahun.  Pupuk organik ini sendiri bisa digunakan untuk lahan kelapa sawit anda sendiri sehingga ini akan menghemat pengeluaran pupuk organik yang harus digunakan di lahan perkebunan kelapa sawit anda. Seperti yang kita ketahui biaya untuk membeli pupuk organik tentu tidaklah murah terlebih jika anda mempunyai lahan perkebunan kelapa sawit yang sangat luas.

Pengolahan Limbah Kelapa Sawit menjadi Pupuk Organik sebagai Pemanfaatan Limbah Secara Maksimal

Selain bisa digunakan untuk pupuk organik, ternyata limbah cair kelapa sawit ini bisa digunakan untuk hal lainnya. Pemanfaatan limbah kelapa sawit menjadi pupuk organik atau pupuk kompos sendiri bisa dilakukan dengan proses yang sangat mudah. Proses pembuatan kompos sendiri dimulai dengan mencincang tandan-tandan yang ukurannya lebih besar menjadi ukuran yang jauh lebih kecil. Hal itu perlu dilakukan agar bagian-bagian dari tandan tersebut mudah untuk busuk. Lalu anda harus menyediakan kolam dengan ukuran lebar 2.5 meter dan tinggi 1 meter di area terbuka. Masukkanlah cincangan tandan sawit tadi ke dalam kolam hingga penuh dan dalam enam minggu anda bisa melihat kompos anda sudah jadi dan bisa anda gunakan untuk keperluan perkebunan anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *