Cari Tahu Prinsip Kerja Mesin Ripple Mill

Prinsip kerja mesin ripple mill banyak dipertanyakan karena saat ini banyak orang yang merekomendasikan mesin ripple mill untuk industri minyak kelapa sawit mereka. Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi utama di Indonesia. Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu produsen serta juga eksportir untuk minyak kelapa sawit. Oleh sebab itu diperlukan alat-alat yang canggih agar produksi minyak kelapa sawit bisa maksimal dan memberikan keuntungan besar. Lalu bagaimana dengan alat ripple mill ini sendiri? Anda tidak perlu khawatir karena di sini anda akan banyak mengetahui bagaimana cara kerja dari mesin ripple mill dan juga apa saja keuntungan yang didapatkan ketika anda menggunakan alat ripple mill ini.

Ripple mill pabrik kelapa sawit memang beragam merknya. Anda haruslah mencari yang terbaik. Ripple Mill adalah alat yang digunakan untuk memecah biji sawit. Semakin bagus alat yang anda gunakan, tentu anda akan bisa menghemat banyak hal seperti menghemat waktu dan juga tenaga sehingga produksi minyak kelapa sawit bisa lebih ditingkatkan. Keunggulan dari mesin ripple mill dengan teknologi terbaru ini adalah bekerja lebih maksimal karena menggunakan dua buah ripple plate di bagian kanan dan juga kiri. Hal ini tentunya akan meminimalisir kerusakan dan resiko penurunan produksi minyak kelapa sawit. Lalu mengapa banyak pabrik yang menggunakan mesin pemecah sawit ini?

Cari Tahu Prinsip Kerja Mesin Ripple Mill

Prinsip Kerja Mesin Ripple Mill

Mesin ini bisa langsung memecah biji basah dari nut polishing drum tanpa melalui proses pengeringan terlebih dahulu sehingga akan lebih banyak menghemat waktu dan konsumsi listrik bisa anda tekan. Biaya perawatan dari semua alat dan proses produksi minyak kelapa sawit juga bisa anda irit. Selain itu adanya penghematan uap juga akan dirasakan ketika anda menggunakan mesin ini.

Dengan mesin ini, lebih efisien dalam memecahkan biji sawit hingga 98%. Anda bisa membandingkan dengan alat lainnya dan anda akan merasakan perbedaannya ketika anda menggunakan alat ini.

Presentasi biji sawit yang hancur akan semakin sedikit dan ini akan memperbesar keuntungan anda terutama anda yang masih baru dalam bisnis minyak kelapa sawit ini. Anda tak perlu takut rugi banyak karena banyak biji sawit yang hancur sebelum proses selanjutnya.

Biasanya produsen minyak kelapa sawit akan banyak kehilangan minyak di stasiun press pabrik kelapa sawit. Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir jika anda mengetahui lebih banyak tentang alat-alat yang harusnya anda gunakan pada bagian ini. Di bagian ini sendiri anda akan menemukan dua buah alat. Alat pertama disebut digester dan alat kedua adalah mesin screw press kelapa sawit. Kedua alat ini memang bekerja berkesinambungan sehingga produksi minyak sebenarnya bisa lebih banyak didapatkan. Banyak mekanisme kerja kedua alat ini yang perlu juga dipelajari oleh anda yang baru saja berkecimpung dalam bisnis minyak kelapa sawit sehingga anda tak akan banyak mendapatkan kerugian. Tidak semua orang tahu bagaimana kedua alat ini bekerja. Proses bekerjanya dua alat ini dimulai dari brondolan sawit yang masuk ke bagian Below Thresher Conveyor lalu menuju ke bagian Bottom Cross Conveyor. Nantinya brondolan tersebut akan masuk ke bagian lain sebelum akhirnya masuk ke bagian digester. Apa yang akan dilakukan di bagian digester?

Cara kerja digester sendiri adalah mencacah semua brondolan sawit yang masuk menjadi bagian yang lebih kecil dan bisa diaduk hingga menjadi lumat. Bagian inilah yang penting karena jika proses pencacahan tidak dilakukan dengan lebih maksimal maka produksi minyaknya pun tidak akan maksimal. Setelah selesai pada bagian digester ini, nantinya akan masuk ke screw press untuk bisa dipisahkan antara minyak dan juga bagian padat lainnya. Digester yang baik adalah digester yang bisa digunakan untuk mencacah bagian daging buah sawit, cangkang biji dan juga inti biji. Ada banyak mesin digester yang ditawarkan dengan variasi kualitas yang berbeda dan tentunya dengan harga yang jauh lebih beragam juga. Kini anda telah banyak mengetahui tentang alat ripple mill, hingga alat digester untuk menunjang produksi minyak kelapa sawit di pabrik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *