Fungsi dan Cara Kerja MESIN SLUDGE CENTRIFUGE /SLUDGE SEPARATOR Pabrik Sawit

Mesin sludge centrifuge palm oil mill merupakan mesin pabrik kelapa sawit yang sangat vital dalam industri pengolahan minyak kelapa sawit. Minyak Sawit adalah komoditas ekspor yang menjadi salah satu kebanggaan Indonesia karena dibutuhkan oleh pasar internasional. Sampai tahun ini, luas lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia telah berkembang besar dalam dekade terakhir. Oleh karena itu, kebutuhan perlengkapannya pun semakin kuat terutama yang telah menerapkan sistem tercanggih.

Banyak perusahaan yang membutuhkan mesin sludge centrifuge dengan kapasitas dan kemampuan terbaik. Ada banyak pihak yang jual sludge separator dengan fitur terkini dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

Cara Kerja Sludge Separator / Sludge Centrifuge

Tinggal menentukan sendiri berdasarkan harga sludge separator yang cocok dan sekiranya bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Sebelumnya, wajib untuk mengenal dan memahami fungsi sludge separator sekaligus seluruh proses pengolahan minyak kelapa sawit. Proses paling awal ialah menyortir atau memilih buah kelapa sawit yang hendak diolah menjadi minyak. Caranya dengan mengecek serta menganalisis tingkat kematangan dari kelapa sawit yang hendak diolah. Buah-buah kelapa sawit yang tidak memenuhi standar akan dipisahkan, kemudian mengolah jenis-jenis yang cocok dan ideal. Proses berikutnya ialah sterilisasi dengan cara perebusan. Tujuannya untuk menurunkan keasaman lemak bebas dalam kelapa sawit sehingga memudahkan untuk pemisahan biji dan buahnya.

Proses berikutnya ialah pemisahan tandan sawit dengan mesin khusus. Ada yang melakukannya secara manual namun akan butuh waktu yang lebih lama dari biasanya. Proses pressing merupakan tahapan berikutnya dengan mengempa / mempress buah sawit dan mengekstraksi minyak sawit kasar . Terakhir adalah proses klarifikasi yang akan disempurnakan melalui proses penyaringan dan fraksinasi. Bau minyak sawit yang khas juga bisa dihilangkan selama proses ini.

Selanjutnya adalah mengenal cara kerja sludge separator. Sludge separator bekerja untuk memisahkan elemen padat dan cair dengan kelembaban residual yang ditentukan. Metode ini juga kerap diterapkan oleh berbagai industri untuk pengolahan limbah. Model dari alat ini adalah sentrifugal dengan mangkuk berbentuk padat dan selalu berotasi selama proses pemisahan. Kecepatannya diatur oleh sebuah baut konveyor.

Kinerjanya dengan memanfaatkan sistem putaran mangkuk yang telah dipasang dan dilepaskan keluar melalui nozzle. Tingkat keberhasilan memisahkan minyak dari elemen padat akan tergantung dari kualitas alat yang digunakan. Dengan menggunakan wastewater sludge centrifuge, proses dalam pabrik kelapa sawit akan berjalan lebih lancar.

Namun selalu ada kemungkinan dari hasil yang tidak memuaskan dengan menggunakan alat sejenis. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang mempengaruhi kinerja dari wastewater centrifuge operation. Pertama-tama adalah kapasitas pengolahan dari sludge dewatering decanter. Di sinilah operator harus memahami bagaimana kemampuan dari alat yang akan digunakannya. Proses dari sludge dewatering separator juga ditentukan oleh suhu minyak di dalamnya. Berapakah standarisasi dari suhu dalam kapasitas tersebut? Diperkirakan sekitar 90 derajat Celcius kurang lebih. Ukuran nozzle pun berpengaruh pada tingkat keberhasilan penggunaan sludge separator. Oleh sebab itu, sludge dewatering process pun wajib dijalankan secara cermat dan hati-hati. Faktor lainnya yang menentukan keberhasilan sludge dewatering methods adalah putaran dari mangkuk sekaligus porsi dari minyak dan cairan yang berada di dalamnya.

Pemakaian sludge dewatering technologies ditunjang oleh sejumlah komponen penting di dalamnya. Mulai dari top cover, rotor shaft, pipa air panas dan dingin, sludge discharge, oil discharge, sludge inlet, motor listrik, nozzle, bearing, dan star bowl.

Proses yang diterapkan dalam mesin palm oil separator adalah bagaimana memisahkan lumpur atau elemen padat secar efektif. Fungsi dari palm oil separation ialah memurnikan kadar minyak sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Melalui sistem rotasi vertikal dan horizontal, hasilnya bisa dimaksimalkan dengan menggunakan palm oil sludge separator.

 

Mesin alfa laval palm oil separator selalu bekerja dalam komposisi umpan yang seimbang, dan bisa dibedakan berdasarkan jenis decanter yang dipakai. Di sinilah pentingnya memilih aerator pabrik sawit yang bisa bekerja secara cepat dan efisien serta memaksimalkan produksi dari minyak yang dihasilkan. Komponen semacam nozzle separators pun wajib dipilih berdasarkan kategori mutu.

Masalah yang kerap dihadapi adalah penggantian nozzle separator. Bagaimanapun juga, butuh cara yang lebih praktis dan maksimal untuk memisahkan cairan dalam proses olahan tersebut. Pemakaiannya bisa dengan menggunakan mesin decanter Two Phase. Prinsip kerjanya memisahkan elemen padat dan cair yang telah dimasukkan ke dalam tangki Crude Oil. Cairan minyak akan diproses lalu diolah pada tangki Settling. Selanjutnya adalah proses pengolahan limbah di Fat Pit.

Proses dengan mesin Two Phase harus diawali dengan cara yang tepat. Yaitu menempatkannya di spot yang tepat. Beban dari elemen padat harus bisa dikurangi supaya proses berjalan lebih cepat dan efisien. Untuk memenuhi standar kualitas dari minyak yang dihasilkan, penggunaan sludge centrifuge / sludge separator diteruskan pada proses di mesin oil purifier. Dalam proses pemisahan yang berjalan secara teratur, hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Ada juga decanter dengan tipe Three Phase. Mesin ini juga mengandalkan sistem dari nozzle separator alfa laval. Prinsip kerjanya juga sama dengan mesin Two Phase. Bedanya terletak pada tiga model pemisahan yaitu fraksi padat, cair, dan minyak. Prosesnya pun akan lebih maksimal karena elemen-elemen tersebut bisa diseleksi dan dipisahkan secara tepat sehingga tidak akan terjadi campuran yang mengurangi minyak kelapa sawit.

Pemakaian mesin Three Phase juga harus memperhatikan rincian pada beban kepadatan. Sebisa mungkin harus mengurangi volume selama proses pemisahan sehingga akan menghasilkan produk yang lebih bermutu. Sebagai salah satu produk unggulan ekspor, kelapa sawit harus diolah dengan menggunakan mesin berstandar terbaik yang kini telah mengalami banyak pengembangan. Dengan demikian, hasilnya pun akan selalu terjaga dan bisa dikembangkan di sejumlah lahan sawit yang masih belum tereksplorasi.

Dewasa ini, makin banyak pabrik yang merombak peralatan mereka dengan konsep yang lebih canggih. Seperti penggunaan westfalia nozzle separator serta komponen-komponen lain yang sekiranya bisa memaksimalkan kinerja perusahaan.  Selama proses pemisahan minyak dengan cairan atau elemen padat, kemampuan menempatkan decanter haruslah bisa diandalkan. Tujuannya adalah memisahkan elemen padat dari hasil olahan minyak.

Kegunaan dari decanter ialah memisahkan setiap bagian atau elemen kasar dari minyak sehingga produknya bisa lebih berkualitas. Namun ada sejumlah faktor yang berpengaruh pada keberhasilan proses pemisahan tersebut, yang mana juga akan menjadi titik penting bagi mutu produk pabrik sawit. Pertama-tama adalah keseimbangan dari jumlah olahan sludge dengan kapasitas alat. Tidak mungkin memaksakan hasil produksi yang berlebihan sementara tidak mempertimbangkan segala aspek tersebut. Fungsi dari alat decanter juga harus dipahami sebaik-baiknya oleh operator demi meningkatkan kualitas produksi sawit. Komposisi umpan yang hendak diolah merupakan faktor lain yang juga sangat signifikan dalam operasional decanter pabrik kelapa sawit dalam industri sawit.

mengenal mesin sludge separator

Merek Sludge Centrifuge Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin Sludge Centrifuge pabrik Sawit pada awalnya banyak dari Negara Malaysia, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin sludge centrifuge kelapa sawit berasal dari negara Indonesia. Beberapa merek sludge centrifuge yang ada di Pabrik Sawit: CB – MODIPALM, EMI, Charp Ngea , LAJU,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *