Inilah Beberapa Komponen dari Turbin Uap Serta Fungsinya

Turbin uap mungkin adalah sebuah hal yang sangat sering kita dengar keberadaannya. Berbicara masalah turbin uap tentu tidak bisa terlepas dari komponen turbin uap serta fungsinya. Terlebih hal ini biasanya tidak bisa dilepaskan dikehidupan mahasiswa yang dimana mengambil jurusan yang berhubungan dengan hal ini, dan semua terbukti dari hasil-hasil skripsi turbin uap yang mereka tuliskan dan mereka jadikan sebagai bahan referensi untuk mendapatkan gelar. Dalam skripsi mereka sudah dapat dipastikan adanya unsur besar mengenai keterkaitan antara kehidupan yang dijalani dan prinsip kerja turbin air, sehingga semua hal itu tidak bisa terlepas dari perhitungan efisiensi turbin uap yang dimana pasti mereka tuliskan. Karena sebenarnya hal ini lah yang dapatkan dikatakan sebagai point penting untuk mendapatkan hasil yang tepat serta tidak membuang banyak waktu kita untuk melakukan perhitungan yang tidak jelas. Turbin uap juga erat kaitannya dengan kehidupan para pelajar termasuk anak SMA terlebih bagi mereka yang mengambil studi khusus IPA yang dimana pasti mereka menemui mata pelajaran fisika. Memang tidak bisa dilepaskan ketika kita berbicara dalam dunia pelajar pasti hal yang langsung kita ingat adalah makalah. Makalah kerap kali menjadi sebuah kewajiban dan bahkan nilai pokok yang dijadikan sebagai kemampuan anak tersebut. Oleh sebab itu pasti mereka juga pernah membuat makalah turbin uap, tetapi dengan perkembangan jaman yang bisa dikatakan cukup maju ini kita tidak usah susah payah mencari serta melangkah mendapatkan materi. Karena hal ini bisa kita dapatkan diinternet dalam berbagai konten yang bisa kita pilih berdasarkan yang kita inginkan. Dalam turbin uap ternyata memiliki komponen utama turbin uap fungsi dan beberapa prinsip kerja yang bisa kita pelajari lebih lanjut bila kita ingin tahu lebih lanjut terhadap benda ini. Dalam artikel turbin uap ini kami akan menjelaskan apa saja komponen dari turbin uap itu dan apa fungsi dari setiap komponen yang ada, berikut adalah ringkasan yang berhasil kami rangkum :

  1. Balace Piston

Hal ini sering kita sebut dengan pistonnya turbin uap. tidak hanya dimiliki oleh mesin motor tetapi piston juga digunakan dimesin turbin ini yang dimana berfungsi sebagai mengompensasikan beberapa gaya aksial yang ditimbulkan karena aliran uap air yang ada pada mesin turbin uap ini. Komponen yang satu ini dapat meringankan kerja dari trust bearing. Sehingga piston dipercaya sangatlah penting dalam pemenuhan optimalisasi kinerja dari turbin uap.

  1. Bearing

Seperti yang kita tahu bahwa turbin ini erat kaitannya dengan perotasian yang membantu proses optimalisasi kinerja turbin. Bearing digunakan pada turbin uap untuk mengurangi potensi gesekan antar poros yang dimungkinkan terjadi. Gesekan biasanya berada pada bagian poros dengan casing atau stator sehingga sangatlah mungkin untuk menimbulkan daya gesek yang dimana nantinya akan menimbulkan gangguan yang tidak diinginkan. Tetapi dengan adanya bearing pada turbin uap potensi gesekan kasar yang terjadi dapat diminimalisir.

  1. Hydraulic Turning Gear

Komponen yang satu ini memiliki kemampuan untuk memutar rotor turbin dari mulai start awal sampai keadaan shut down. Hal ini disebabkan karena untuk mencegah terjadinya distorsi atau bending yang dimana diakibatkan oleh proses pemanasan atau pendinginan yang terjadi ketika mesin menyala. Sistem kerja hydraulic turning gear ini memanfaatkan sebuah mesin motor hydromatic yang dimana semua tenaga putarnya berasal dari sistem hidrolik dengan high pressure.

  1. Control Valve

Berlanjut ke komponen berikutnya yang dimana sering disebut dengan control valve. Komponen ini dianggap penting keberadaannya karena memiliki kemampuan melakukan pengontrolan uap air yang masuk berdasarkan dengan daya yang ada. Semua uap air yang masuk diatur dibagian ini. Dan banyaknya uap air yang ada tentunya disesuaikan berdasarkan kebutuhan serta daya yang tersedia. Disetiap PLTU biasanya komponen contol valve ini disesuaikan dengan beban listrik yang disediakan digenerator yang dimana nanti akan memengaruhi uap air yang masuk pada turbin uap.

  1. Stop Valve

Berlanjut kepada komponen berikutnya yang dimana sering disebut dengan stop valve. Stop valve paling sering membantu turbin uap dalam melakukan kinerjanya. Karena kemampuannya yang menahan turbin dari aliran uap air yang masuk keturbin uap ini, dan juga kemampuannya yang bisa memberhentikan supply uap air yang akan diberhentikan apabila terdapat kondisi yang tidak diinginkan. Hal semacam ini bisa kita lihat di PLTU dimana apabila mereka kehilangan beban daya listrik secara otomatis stop valve akan merespon kondisi ini dan menutup dalam hitungan yang sangat cepat sepersekian detik. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah overspeed yang terjadi pada turbin yaitu kondisi dimana uap air masuk tetapi tidak dibarengi dengan daya listrik yang ada.

Itulah tadi beberapa fungsi dari setiap komponen yang ada pada turbin uap. semoga bisa membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *