Inilah Proses Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan tanaman yang diolah menjadi minyak kelapa sawit. Buah kelapa sawit dipanen kemudian diolah dalam proses pembuatan minyak kelapa sawit di pabrik. Mengenal kelapa sawit memiliki ciri daun hijau majemuk, batang yang terlihat seperti kelapa dengan pelepahnya, memiliki akar serabut dan akar napas, serta buah kelapa sawit yang memiliki warna hitam keunguan dan tumbuh secara bergerombol. Minyak kelapa sawit yang diproduksi tentu harus memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah memiliki kadar FFA kurang dari 5% dengan rendemen minyak sekitar 22%. Untuk mencapai standar mutu tersebut, maka proses pengolahan dari kelapa sawit terbilang panjang. Berikut ini adalah proses pengolahan minyak kelapa sawit.

Proses Penyortiran Tandan Buah Segar

Dalam proses pengolahan pabrik kelapa sawit, pertama-tama adalah memanen tandan buah-buah kelapa sawit yang sudah matang. Dari hasil panen di perkebunan kelapa sawit pabrik, dilanjutkan dengan proses penyortiran tandan buah segar atau dalam bahasa pabrik disebut dengan TBS. Hanya tandan buah kelapa sawit yang segar layak untuk diproses lebih lanjut menjadi minyak kelapa sawit. TBS yang telah disortir kemudian dilakukan penimbangan. Tujuan penimbangan guna mengetahui kapasitas dari masing-masing TBS yang dipanen.

Proses Perebusan Tandan Buah Segar

Dalam proses perebusan TBS perlu memperhatikan standar mutu yang telah ditetapkan. Untuk mengolah TBS menjadi minyak kelapa sawit, setelah proses penimbangan, TBS perlu dilakukan perebusan. Perebusan berlangsung pada alat Sterilizer dengan tekanan uap air sekitar 2,2-3,0 kg/cm2 dengan waktu 90 menit. Dari hasil perebusan TBS akan diperoleh kondensat dengan kadar minyak sebesar 0,5%. Kondensat tersebut menuju proses pengilahan selanjutnya menuju fat pit. Untuk TBS yang sudah direbus kemudian perlu dilakukan pemindahaan dengan Hoisting Crane menuju Threser. Threser akan menebah buah kelapa sawit agar terpisah dari tandannya. Tujuan dari proses perebusan TBS adalah guna mematikan enzim yang menjadi pemicu turunnya kualitas minyak.

Proses Pengempaan Buah Kelapa Sawit

Pada pengempaan ini tidak lagi TBS karena sudah dipisahkan dengan tandannya dengan Threser. Sehingga buah kelapa sawit dilanjutkan menuju proses pengempaan. Buah kelapa sawit dikempa dengan cara dilakukan penekanan atau “pressing process”. Tujuannya adalah untuk memperoleh minyak yang terdapat dalam buah kelapa sawit tersebut. dalam proses ini terbilang perlu ketelitian agar minyak yang diperoleh dalam pengempaan dapat memiliki mutu dan kuantitas yang optimal. Sehingga dalam proses ini akan diperoleh minyak kelapa sawit kasar atau yang lebih dikenal dengan Crude Palm Oil (CPO).

Proses Fraksinasi Crude Palm Oil

Menuju proses akhir dari pengolahan minyak kelapa sawit adalah fraksinasi. Pada penyaringan minyak kelapa sawit setelah proses pengempaan agar diperoleh minyak kelapa sawit yang lebih berkualitas. Sehingga senyawa-senyawa yang tidak diperlukan dalam minyak kelapa sawit dapat dipisahkan dan nantinya akan diperoleh minyak kelapa sawit murni. Setelah proses penyaringan minyak kelapa sawit fraksinasi selesai, maka selanjutnya adalah pemurnian agar minyak kelapa sawit yang diperoleh tidak berbau.

Dari proses panen, penyortiran dari tandan buah segar atau TBS, perebusan, pengempaan, fraksinasi, hingga diperolehlah minyak kelapa sawit yang murni. Setiap proses pembuatan minyak kelapa sawit yang berlangsung di pabrik memiliki ahli-ahli yang akan melakukan pemantauan dari setiap proses pengolahan dari minyak sawit tersebut. Mulai dari tim supervisor hingga tim yang bekerja di laboratorium untuk mengecek kualitas dan kuantitas dari buah kelapa sawit hingga diperoleh minyak kelapa sawit. Dengan tujuan agar minyak kelapa sawit yang diperoleh benar-benar bermutu tinggi.

Merek Mesin Proses di Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses di pabrik kelapa sawit berasal dari negara Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB – MODIPALM, Alfa Laval, Westfalia, PMT, SWECO, AMKCO, JINSHENG, TAPIS, VIBRECON, GALAXY SIVTEK, BOILERMECH, ATMINDO, TAKUMA, dll,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *