Kebutuhan Fan Blower Pada Pabrik Kelapa Sawit

Harga blower pabrik untuk para pengusaha tentu akan dipikirkan. Karena setiap cost yang keluar untuk membeli suatu peralatan atau bahan baku tentu akan masuk ke dalam perencanan keuangan yang berisi pengeluaran. Menjadi seorang pengusaha bisnis kelapa sawit tentunya berbeda dengan menjadi pengusaha bisnis online yang sedang menjamur seperti sekarang. Karena bisnis kelapa sawit ini memerlukan pengolahan dan proses produksi, maka alurnya pun akan berbeda. Blower untuk pabrik pada umumnya biasanya akan menjadi salah satu alat yang digunakan untuk ventilasi yang ada di pabrik.

Suasana dan kondisi pabrik ini bisa sangat panas karena adanya mesin – mesin dan peralatan yang sedang dioperasikan. Untuk menjaga keadaan udara supaya tetap baik maka akan dibutuhkan blower pada pabrik kelapa sawit. Pabrik yang biasanya juga berada di kawasan industri ini akan terasa semakin panas karena lokasi ini membuat panas yang ditimbulkan masing – masing pabrik menyatu. Sehingga, untuk para tenaga kerja pabrik di dalam pun bisa merasakan panas sehingga seragam yang digunakannya akan mudah basah. Maka dari itu, setiap tenag kerja yang bekerja di pabrik juga dibekali dengan pakaian atau kaos yang nyaman untuk dipakai.

Proses Mensortir Yang Perlu Dilakukan Di Pabrik Kelapa Sawit

Pabrik kelapa sawit ini biasanya ditemukan di daerah selain pulau Jawa seperti Pulau Sumater atau Kalimantan. Namun, pulau Sumatera ini yang memiliki daftar pabrik kelapa sawit yang cukup dikenal. Karena, memang sudah dikenal banyak orang bahwa banyak lahan – lahan yang telah disulap menjadi perkebunan kelapa sawit.  Kemampuan pabrik kelapa sawit ini memang bisa menjadi solusi dalam penggunaannya. Namun, perlu diketahui, tidak semua tandan buah segar dari kelapa sawit ini bisa diolah lebih lanjut. Berikut kriteria dalam menyortir tandan buah segar kelapa sawit.

  • Mentah

Untuk kriteria tandan buah segar kelapa sawit yang mentah ini bisa dicirikan dengan fraksi 00 yang ada. Untuk fraksi 00 menunjukkan bahwa tidak ada yang memberondol dan ini termasuk kategori sangat mentah. Sementara tandan buah segar kelapa sawit dengan fraksi 0 yang memiliki 1 sampa 10  buah luar yang berondol bisa dikategorikan mentah.

  • Matang

Untuk tandan buah segar kelapa sawit yang matang dengan fraksi 1  memiliki 10 sampai 25  buah luar berondol. Hal in menunjukkan bahwa tandan buah segar ini masih kurang matang.  Untuk fraksi 25 – 50 buah luar berondol akan menunjukkan kategori matang I. Sementara untuk 50 – 75 buah luar yang berondol menunjukkan kategori matang II.

  • Lewat Matang

Selain mentah dan matang, ada juga kriteria tandan buah segar kelapa sawit yang terlewat matang yaitu yang memiliki 75 – 100 buah luar yang berondol dan ada juga bagian dalam buah yang memberondol dan busuk. Kategori ini termasuk lewat matang I  dan lewat matang II.

Adanya peralatan yang digunakan dalam pengolahan kelapa sawait ini tentunya akan membutuhkan ketelatenan dan ketekunan dari para tenaga kerja. Maka dari itu, untuk membuat para tenaga kerja ini merasa semakin aman dan nyaman dalam bekeja akan membutuhkan blower pabrik kelapa sawit. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga udara yang masuk dan keluar dari ventilasi yang ada. Atau apabila udara di dalam area produksi ini memang sudah sangat panas dan bisa mengganggu konsentrasi pada saat bekerja bisa menggunakan alat lainnya. Fan heater pabrik kelapa sawit ini bisa menjadi salah satu solusi yang ditempatkan di dalam pabrik kelapa sawit.

Merek Mesin Fan (Blower) & Heater di Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin Fan (Blower) & Heater di pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses pabrik kelapa sawit berasal dari negara Eropa/ Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek Fan (blower) & Heater yang ada di Pabrik Sawit: NOVENCO, EAST FORCE, CHICAGO, PHOENIX, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *