Kenali Berbagai Macam Jenis Mesin Proses Kelapa Sawit

Bagi para produsen kelapa sawit, harga mesin kelapa sawit tentunya menjadi salah satu bagian yang penting untuk diperhitungkan, karena mesin untuk pembuatan kelapa sawit itu sendiri terdiri dari beberapa jenis bagian yang tentunya memiliki harga lumayan tinggi. Sebelum melihat kisaran harga yang dimiliki oleh mesin produksi minyak sawit tersebut, sebaiknya Anda kenali dulu beberapa bagian mesin yang wajib untuk dimiliki dalam memproduksi minyak sawit. Mesin pengolah kelapa sawit itu sendiri didasarkan pada setiap tahap proses pembutannya, yang diantaranya sebagai berikut :

1. Tahap penerimaan buah atau fruit reception station

Dalam tahap proses pembuatan minyak sawit yang satu ini, ada beberapa jenis mesin yang digunakan diantaranya adalah jembatan timbang dengan kapasitas 30 ton. Kemudian loading ramp, keranjang buah, rail track, idler bollard serta ganty crane / Palm Oil Crane.

2. Bagian sterilizer station atau rebusan buah

Pada tahap ini mesin yang digunakan diantaranya rebusan yang melakukan proses perebusan buah sawit untuk yang berfungsi agar buah sawit dapat dengan mudah terlepas dari tandannya.

3. Stasiun bantingan atau threshing station

Pada tahapan ini mesin yang digunakan adalah hoisting crane, mesin bantingan, conveyor tandan kosong, serta incinerator.

4. Stasiun presan atau pressing station

Tahapan ini memiliki mesin elevator serta conveyor buah. Kemudian ada pula bagian ketel aduk, kempa ulir, cake braker conveyor, crude oil gutter serta bak pasirnya, saringan getar, tangki minyak kasar dan juga bagian pompa.

5. Stasiun klarifikasi atau clarification station.

Dalam tahap pembuatan minyak kelapa sawit kelima ini , beberapa mesin yang digunakan diantaranya adalah tangki klarifikasi kontinu, tengki minyak, tangki untuk sisa air drab serta bagian penampung dari sisa minyak yang ada. Kemudian ada pula mesin oil separator / centrifuge, Purifier minyak, pengering vacum yang digunakan dengan sistem injeksi uap.

6. Tangki timbun

Pada bagian yang satu ini, hanya diperlukan sekitar 2 buah tangki timbun saja dengan satu tangki berukuran 2.000 ton sementara tangki lainnya hanya berukuran 500 ton.

7. Stasiun depericarper

Sesuai dengan namanya mesin yang digunakan pun adalah depericarper, kemudian transpor pneumatik yang digunakan untuk bagian ampas, serta bagian siklon ampasnya.

8. Stasiun biji atau kernel recovery station

Tahap yang satu ini terdiri dari mesin silo biji, drum untuk pembagi biji, alat pemecah biji, sistem pemisah pneumatis yang digunakan untuk bagian campuran pecah, serta sistem pemisah hidrosiklon. Kemudian ada pula bagian lain, yaitu mesin silo inti, sistem winnowing, mesin untuk bagian pengarung serta penimbun barang, bulk yang digunakan untuk menimbun biji, serta conveyor cangkang.

Selain beberapa bagian mesin yang didasarkan pada tahap proses pembuatan minyak sawit di atas tadi, masih terdapat pula berbagai macam bagian penting lainnya. Beberapa bagian tersebut umumnya akan mempengaruhi harga dari mesin di atas tadi, diantaranya adalah harga limbah cair kelapa sawit yang hendak digunakan dalam proses pembuatan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *