Komponen dan Fungsi Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit

Bukan hanya mesin pengolah biji kelapa sawit, mesin pencacah janjang sawit juga menjadi bagian penting dari industri kelapa sawit. Tandan kelapa sawit ternyata memiliki nilai ekonomis yang lumayan. Misalnya, banyak pengusaha yang memanfaatkan mesin pencacah pelepah sawit untuk pakan ternak untuk mengolah tandan kelapa sawit yang tidak laku dijual. Sebenarnya, apa saja komponen dalam mesin ini yang menjadikannya berfungsi maksimal?

Komponen mesin

Pada intinya, mesin terdiri dari dua bagian besar, bagian conveyor dan gerigi yang berfungsi sebagai tempat memasukkan dan mencacah tandan kelapa sawit kosong, dan bagian mesin pencacah itu sendiri. Mesin pencacah memiliki komponen yang lebih rumit. Paling tidak ada 5 bagian penting mesin pencacah:

a. Mesin penggerak

Komponen ini merupakan motor listrik atau bisa saja diganti dengan motor diesel yang memasok energi dan menggerakkan mesin.

b. V-belt

 Mirip dengan mesin lainnya, V-Belt disini berfungsi sebagai penghubung mesin dan gearbox sekaligus mentransmisi daya dari mesin penggerak.

c. Rangka atau chasing

Rangka ini berfungsi menyangga setiap komponen dan melindungi, mesinnya. Biasanya rangka terbuat dari baja sehingga cukup kuat untuk menopang mesin agar berdiri tegak.

d. Gear box

 Komponen ini berfungsi mengubah putaran mesin penggerak menjadi gerakan naik – turun berkekuatan lebih besar untuk mencacah.

e. Pisau atau roll

Komponen ini berfungsi sebagai bagian inti dari mesin perajang tandan sawit yang mampu merajang atau mencacah tandan menjdi serpihan kecil. Biasanya terdapat sepasang roll atau pisau yang terpasang pada as mesin. As ini akan bergerak dengan ritme tertentu karena dihubungkan dengan rantai.

Komponen dan Fungsi Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit
Mesin Press Tandan Kosong Sawit
Fungsi Mesin Pencacah Tandan Kelapa Sawit
Mesin Pencacah Tandan Kosong Sawit

Fungsi mesin

Jelas fungsi utama mesin pencacah ini adalah untuk mengatasi masalah tandan kelapa sawit yang menumpuk dan mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Sebenarnya, tandan kelapa sawit yang telah dicacah memiliki banyak manfaat. Antara lain, tandan ini bisa digunakan sebagai bahan tambahan pakan ternak. Tandan kelapa sawit memiliki nutrisi yang cukup tinggi, terutama kandungan vitamin dan mineral sehingga dapat memberi tambahan asupan makanan alami bagi ternak.

Selain itu cacahan tandan kelapa sawit juga bisa menjadi bahan alternatif untuk membuat etanol dan kompos. Jika dipergunakan dan diproses dengan tepat, tandan kelapa sawit mampu menghasilkan etanol dalam jumlah yang cukup tinggi. Tentunya ini bisa menjadi bahan tambahan untuk memproduksi bio gas. Bagi Anda yang memiliki perkebunan kelapa sawit atau usaha agraria lainnya, pengolahan cacahan tandan kelapa sawit menjadi kompos bisa menjadi alternatif ramah lingkungan dan pupuk murah.

Tentunya manfaat mesin ini membuat semakin banyak pengusaha kelapa sawit mempertimbangkan untuk membeli mesin perajang tankos sawit. Sistem kerjanya yang cukup sederhana yaitu dengan menggerakan pisau pencacah dengan mesin juga membuat mesin ini mudah dirawat dan diperbaiki apa bila mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *