Manfaat Penting Biogas Kelapa Sawit

Pabrik-pabrik besar pastilah menghasilkan limbah. Bagi pabrik produksi minyak kelapa sawit, limbah sawit yang dihasilkan diolah menjadi biogas limbah kelapa sawit. Campuran dari gas produksi bakteri metanogenik yang mengalami penguraian alami secara anaerob itulah yang disebut sebagai biogas. Senyawa biogas sendiri meliputi gas metana, gas karbon dioksida, gas hidrogen, dan campuran dari gas lainnya. Biogas termasuk gas yang tidak memiliki bau. Jika digunakan dalam pembakaran, nyala api yang dihasilkan adalah biru cerah. Perlu diketahui, biogas yang dibuat pabrik kelapa sawit adalah berasal dari limbah cair. Sebab dalam pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit akan menghasilkan dua jenis limbah, limbah padat dan limbah cair. Namun, untuk yang diolah menjadi biogas adalah limbah cair kelapa sawit. Ada beberapa peranan penting yang dapat menjadi manfaat biogas kelapa sawit seperti di bawah ini.

PLTBg

Biogas dari limbah cair sawit bermanfaat untuk PLTBg. PLTBg adalag Pembangkit Listrik Tenaga Biogas. Biogas ini diproduksi untuk menyalurkan listrik ke beberapa daerah tertentu. Dengan ketentuan sesuai Permen ESDM Nomor 27/2014 tentang “Pembelian tenaga listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa dan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas oleh PT Perusahaan Listrik Negara”. Pemerintah Indonesia sendiri menetapkan tarif penggunaan listrik dari biogas dengan per kWh dikenakan biaya sebesar seribu lima puluh rupiah untuk tegangan listrik menengah dan per kWh dikenakan biaya sebesar seribu empat ratus rupiah untuk tegangan listrik rendah. Dapat dikatakan penggunaan biogas sebagai tenaga pembangkit listrik ternyata berguna untuk menambah daya listrik PLN yang saat ini semakin banyak diperlukan masyarakat. Penggunaan listrik dari biogas dapat menjadi energi alternatif. Setiap satu meter kubik dari biogas mampu menyalurkan daya setiap jam sebesar enam ribu watt. Hal yang juga menarik dengan adanya PLTBg adalah listrik yang dihasilkan dari biogas tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat, namun juga perusahaan kelapa sawit itu sendiri.

Gas LPG

Seperti yang sudah sedikit diulas sebelumnya, biogas di sawit juga bermanfaat untuk pembakaran. Pembakaran yang dimaksud adalah pada proses memasak, kompor gas pastilah membutuhkan bantuan gas. Gas yang berasal dari limbah cair kelapa sawit bernama biogas ini juga berguna untuk itu. Gas dengan nyala api biru yang disebutkan di awal pembahasan merupakan biogas untuk gas LPG pada kompor gas. Dengan menggunakan biogas, maka dalam memasak, para ibu rumah tangga juga terbilang lebih hemat.

Diesel Asian Agri

Banyak tantangan yang harus dihadapi pabrik pengolahan produksi minyak kelapa sawit. Terutama anggapan penduduk yang tinggal tidak jauh dari pabrik kelapa sawit. Keberadaan limbah padat maupun limbah cair yang semakin hari semakin bertambah, sangat mengganggu. Namun, pabrik kelapa sawit langsung bertindak untuk mengelola limbah padat dan limbah cair dengan tepat. Memiliki ahli dalam pengelolaan limbah, untuk biogas dari sawit dimanfaatkan sebagai bahan diesel Asian Agri. Dengan memanfaatkan biogas menjadi bahan bakar diesel, maka akan berdampak sangat positif bagi kondisi udara di lingkungan sekitar. Mengapa bisa demikian? Alasannya adalah penggunaan kendaraan atau mesin dengan bahan bakar diesel Asian Agri dari biogas kelapa sawit tidak mencemari udara. Bahkan dapat membantu pengurangan emisi udara sekitar sembilan puluh lima persen. Bahan bakar kendaraan dari diesel yang dihasilkan biogas juga dapat meminimalisirkan pemanasan global.

Pupuk Organik

Manfaat lainnya dari biogas limbah pabrik kelapa sawit adalah pupuk organik. Hal ini membuat pertanian dapat memperoleh keuntungan. Yaitu, tanaman yang tumbuh lebih subur serta tidak menggunakan pupuk yang mengandung bahan berbahaya. Sebab bahan-bahan orgaanik yang mengalami penguraian dan menjadi pupuk dapat membuat tanaman tumbuh dengan kandungan gizi yang lebih optimal, memiliki tekstur serta rasa yang lebih unggul, serta aman untuk dikonsumsi. Karena penggunaan biogas sebagai pupuk organik tidak meninggalkan bahan berbahaya seperti residu.

Memperbaiki Kualitas Udara di Lingkungan

Manfaat satu ini berkaitan dengan manfaat dari biogas dari limbah cair sawit untuk diesel Asian Agri. Perlu ditekankan kembali, biogas dapat mengurangi dampak buruk udara di lingkungan sekitar yang semakin kotor. Mengingat jumlah kendaraan yang berlalu-lalang saat ini semakin banyak. Pembuangan dari sisa pembakaran jelas tidak sehat. Namun dengan adanya biogas, maka kualitas udara di lingkungan akan diperbaiki. Perubahan tersebut pun terbilang sangat signifikan. Sehingga orang-orang pun dapat menghirup udara pernapasan yang bersih dan tidak tercemar berkat adanya biogas.

Pabrik produksi kelapa sawit mengolah biogas kilang sawit dari limbah cair. Limbah cair kelapa sawit yang dimaksud adalah POME atau Palm Oil Mill Effluent. Meskipun limbah cair dari hasil produksi minyak kelapa sawit tidak memiliki bau yang mengganggu, tetap saja ketika jumlahnya terus bertambah, membuat pabrik mengalami kendala. Sehingga berdirinya pabrik kelapa sawit, pasti ada kolam tempat pengolahan limbah cair POME. Seperti yang diketahui, limbah cair POME terkandung sejumlah bahan organik yang jika dibuang begitu saja dapat merusak dan membuat lingkungan tercemar. Sehingga keberadaan kolam pengolah limbah akan memudahkan bahan-bahan organik tersebut melakukan degradasi. Di Indonesia, pabrik kelapa sawit yang ada sudah bekerja sesuai standar. Tidak hanya dalam produksi minyak kelapa sawit. Namun, juga pada pengolahan limbah cair tersebut. Diubah menjadi biogas yang dapat membawa banyak manfaat baik untuk pabrik maupun masyarakat adalah kelebihan dari produksi biogas sawit. Sehingga kebutuhan energi listrik pun dapat dibantu dengan adanya biogas dari pabrik kelapa sawit.

Merek Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses pabrik kelapa sawit berasal dari negara Eropa/ Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB-MODIPALM, WANG YUEN, Kejuruteraan WANG YUEN , SAWIPAC, KHUN HENG, YKL, EMI, MSB, MSHK, SEW Eurodrive, SEW, Flender, SIEMENS FLENDER, MUAR BAN LEE, MBL, SWF KRANTECHNIK, DEMAG, DEMAGCRANES, BOILERMECH, MECHMAR, ATMINDO, ADVANCE,  VICKERS, SAS, Super Andalas Steel, TAKUMA, MAX, MAX Chain, OCM, PRECISION, PC Chain, RENOLD, RENOLD Chain & Sprocket, OMEGA, KANA, HITACHI, TSUBAKI,  BROOK ANDELL, REXTON, EAST FORCE, NOVENCO, NORDISK, CHICAGO, PHOENIX, DOLPHIN, TECHNO, ABC,  HIP HING, APINDO, LAJU, AMKCO, SWECO, JINSHENG, KIEN SENG, KS,  VIBRECON, PMT,  Dong Yuan, GS, jayatech, ENMIN, ERIEZ, serumpun Indah Lestari, SIL,  MTP, TORISHIMA, KEW CRACKER, KEW, KEW Pump, viktorindo, ARITA, HOLY, UT PATRIA, RICTEC, KOMPTECH, FRONTIER, asia green, aneka hydraulic, REXROTH,  MSHK, MSB, Mega Engineering, UNIVESSEL,  AWAN TIMUR, MUARA PALMA, SEW, EATON, HSS, M-VANCE,  ARI ARMATUREN, TECO, ELEKTRIM, ELECTRIM, ELECON, FLENDER, BREVINI,  MOLLER, SUMITOMO, SIEMENS, DEMAG, DEMAG CRANE, DEMAGCRANES, KONE, KONECRANES, Wampfler, CONDUCTIX, NADROWSKI, KKK, Atlas Copco, Dresser Rand, ELLIOTT, SHINKO, DEUTZ, Mercedez,  MTU, SKF, NTN, FAG, KINGOYA, ETANI, PALFINGER, SIHI, FOSS – NIR, NIR, SPEC, Sovereign Palm oil extractor cleanser, fusheng, SUNLE, SINACO, Szetech, SEKO, OKM, MTO2, SPECK PUMPEN, Southern Cross, WARMAN, TSURUMI, NIKKISO, ALLEN GWYNNES, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *