Memilih Oli Pelumas Mesin Industri Sawit Dengan Kualitas Tinggi

Hidrolik mesin sawit adalah mesin yang digunakan untuk mengekstrasi kelapa sawit menjadi minyak sawit. Proses ini disebut dengan pengempaan atau pressing yang menggunakan pelarut yang disebut dengan solvent extraction. Mesin hidrolik ini bisa mengempa minyak dengan kapasitas hingga 500 kg/jam dengan kekuatan tekanan sebesar 70 kg/cm persegi. Hidrolik mesin sawit ini adalah contoh dari peralatan industri yang memerlukan perawatan yang cukup intensif salah satunya adalah dengan diberikan pelumas yang tepat untuk menjaga mesin agar tidak cepat aus. Berikut ini adalah uraian mengenai pentingnya memberikan pelumas pada mesin dan pelumas yang cocok untuk industri.

Kenapa harus menggunakan pelumas?

Coba Anda gosokkan kedua telapak tangan selama beberapa menit, apa yang dirasakan? Telapak tangan pasti terasa panas bukan? Hal yang sama juga terjadi apabila kedua permukaan mesin saling bergesekan dalam waktu yang lama. Misalnya pada mesin hidrolik sawit, komponen yang paling banyak melakukan gesekan adalah bagian gearbox atau transmisinya. Kedua permukaan logam yang terus saling bergesekan lama-lama akan panas dan membuat mesin lebih cepat aus. Agar hidrolik dan gearbox tidak cepat rusak maka dibutuhkan oli gearbox mesin sawit yang khusus untuk perawatan mesin industri.

Fungsi utama dari oli gearbox mesin sawit adalah untuk melumasi seluruh permukaan logam yang bergesekan sehingga mesin tidak cepat panas dan permukaan logam tetap halus sehingga mesin bisa berjalan dengan tetap mulus. Oli yang digunakan untuk peralatan mesin industri seperti ini berbeda dengan karakteristik mesin pada kendaraan bermotor. Untuk oli industri, umumnya pelumas yang digunakan memiliki tekstur yang lebih cair agar ketika dinyalakan, mesin bisa mengalirkan oli ke sela-sela mesin dengan lebih mudah. Memilih oli untuk perawatan mesin juga tidak boleh sembarangan, karena satu macam oil belum tentu cocok diterapkan untuk mesin yang lain.

Memilih oli industri yang bagus

Pelumas mesin industri hasruslah pelumas yang bisa memberikan perlindungan maksimal bagi semua komponen dalam mesin yang digunakan untuk produksi. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pelumas mesin industri adalah sebagai berikut:

1.     Pemilihan jenis

Karena ada beberapa jenis oli yang digunakan khusus untuk dunia industri, misalnya pelumas hidrolik, pelumas kompresor udara, pelumas roda gigi industrial, pelumas mesin, dan lain sebagainya. Masing-masing punya fungsinya sendiri dan tidak hanya untuk mesin sawit saja tapi juga untuk pelumas mesin gensetsebagai sumber tenaga tambahan ataupun cadangan.

2.     Lihat klasifikasi standar API Service-nya. American Petroleum Institute Service adalah sebuah lembaga sertifikasi pelumas yang sudah diakui secara internasional untuk memberikan grade klasifikasi pada semua produk pelumas yang disesuaikan dengan kualitas kerja mesinnya. Klasifikasi untuk pelumas mesin industri ini dimulai dari SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ dan yang paling tertinggi adalah SL. Jadi ketika ada pelumas dengan label API Service SL maka ia adalah pelumas dengan kualitas paling bagus. Demikian adalah sekilas untuk perawatan hidrolik mesin sawit dengan pelumas mesin industri berkualitas tinggi.

Memilih Oli Pelumas Mesin Industri Sawit dengan Kualitas Tinggi
OBERON Lubricant & Grease

Merek Oli (Pelumas) dan Minyak Gemuk (Grease) Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen Oli (Pelumas) dan Minyak Gemuk (Grease) mesin proses di pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa/Amerika, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual oli (pelumas) dan minyak gemuk (grease) pabrik kelapa sawit berasal dari  Indonesia. Contoh beberapa merek Oli (Pelumas) dan Minyak Gemuk (Grease)  di Pabrik Sawit: OBERON, OMEGA, SOLEX, SHELL, MOBIL, BECHEM,  dll,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *