Mengenal Mesin Ripple Mill PKS

Mesin ripple mill adalah mesin pabrik kelapa sawit yang ada di stasiun pengolahan inti sawit. Sebelum dipisahkan menjadi nut oleh ripple mill pks (nut cracker), Buah sawit harus mengalami proses yang cukup panjang. Buah Kelapa sawit harus melewati beberapa stasiun pengolahan hingga akhirnya dipisahkan menjadi nut untuk kemudian dipecahkan , sekarang ini demand cangkang sawit di kalimantan meningkat pesat . Biasanya setiap pabrik pengolahan sawit memiliki standar kualitas tertentu yang harus dipenuhi sebelum sawit diolah. Tahap penyeleksian sawit hingga pemisahan buah dari tandan harus dilakukan terlebih dahulu sebelum sawit dipisahkan menjadi nut dan dipecahkan, banyak industri di luar sawit yang memerlukan cangkang sawit murah.

Stasiun kernel

Saat sawit dilepaskan dari tandannya, sebelum mengalami pemecahan dengan ripple mill, sawit terlebih dulu harus melewati stasiun pengempaan (kempa ulir sawit / mesin screw press). Di sini sawit akan diambil minyak pericarp nya melalui proses pengempaan dan pelumatan (digester) . Proses ini bertujuan memisahkan pericarp dengan biji sawit yang nanti akan dipecah dengan ripple mill msb. Sehingga dapat diambil minyak secara maksimal dari  pericarp. Sementara pericarp dilumatkan dan dipress hingga didapatkan minyak kasar dan dikirim ke stasiun pemurnian, biji akan dikirim ke stasiun karnel untuk dipecah oleh ripple mill cb dan dimanfaatkan untuk menjadi turunan minyak.

Stasiun kernel pabrik kelapa sawit adalah salah satu stasiun pengolah yang wajib dimiliki pabrik pengolah kelapa sawit. Dalam stasiun ini, biji atau nut akan mengalami pemecahan untuk memisahkan inti dan cangkang sawit 2014. Pemecahan dilakukan dengan ripple mill cb 6t king cracker untuk memastikan efektifitas pemecahan mencapai 95% sementara kernelnya cukup rendah. Hingga di stasiun ini, tidak hanya mesin pemecah nut tapi juga banyak mesin lainnya yang juga sama bermanfaatnya dengan alat pemecah nut sawit.

1.   Mesin depericarper. Fungsi dari mesin depericarper adalah memisahkan nut dengan serabut. Dalam mesin ini terdapat alat hisap yang akan menghisap serat-serat nut untuk bahan bakar boiler. Sementara nut yang masih kotor dan tercampur batu justru akan jatuh ke bawah ke dalam nut polishing drum

2.   Nut polishing drum. Mesin ini akan memutar batu-batu kecil campuran nut sehingga batu jatuh ke dalam lubang yang akan dibawa ke nut inclined conveyor langsung menuju destoner column.

3.   Destoner column. Mesin ini akan kembali memisahkan batu dan nut. Batu yang lebih berat jatuh ke dalam lubang sementara nut akan dibawa ke ripple mill untuk dipecahkan cangkang sawitnya.

4.   Ripple mill. Dalam mesin inilah nut yang telah dipisahkan dari batu dan dibawa destoner column akan dipisahkan cangkang kelapa sawitnya dengan inti. Namun sebelum sampai di ripple mill, nut akan lebih dulu berada di nut hopper. Dalam ripple mill, nut akan dipecahkan dari mengalami banyak proses melalui beberapa komponen.

Mesin Ripple Mill

Mesin ripple mill adalah salah satu mesin yang wajib ada di sebuah stasiun kernel pengolahan kelapa sawit. Kegunaan cangkang sawit yang sangat besar membuat pengolahan sawit tidak menimbulkan limbah yang cukup banyak. Semua bagian sawit yang tidak mengalami pengolahan dapat dimanfaatkan terutama cangkang nut sawit ini. Selain itu harga cangkang sawit yang cukup mahal, membuat proses pemecahan nut harus dilakukan dengan baik.

Salah satu komponen mesin ripple mill yang sangat penting adalah rotor bar. Bagian ini terdiri dari batang-batang besi yang bergerak mandiri untuk memecahkan nut dari cangkang . Selain rotor bar, terdapat ripple plate yang memiliki plat dengan gerigi untuk memastikan proses pemecahan berlangsung sempurna. Sayangnya tidak semua nut dapat dipecahkan dalam ripple mill. Nut berukuran kecil akan lebih sulit dipecahkan. Tentunya akan sulit untuk mendapatkan manfaat cangkang sawitnya.

Cangkang Sawit

Pengolahan kelapa sawit yang cukup panjang tidak hanya menghasilkan minyak dan turunannya. Hasil pengolahan berupa cangkang banyak dimanfaatkan sehingga membuka peluang bisnis cangkang sawit yang cukup menguntungkan. Salah satu manfaat cangkang sawit yang cukup besar adalah penggunaannya sebagai bahan bakar boiler. Bagi pabrik pengolahan kelapa sawit, boiler adalah mesin yang sangat penting dalam proses menghasilkan minyak. Kerja boiler didukung oleh sumber bahan bakar cangkang sawit yang harga cangkang sawit hari ini cukup mahal.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler, cangkang sawit juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti kayu. Bahkan kegunaannya sebagai pengganti kayu, jauh lebih efektif. Hal ini membuat harga beli cangkang sawit sangat mahal. Bagi pabrik pengolahan kelapa sawit, seharusnya peluang ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Selain mendapatkan keuntungan melalui minyak yang dihasilkan, keuntungan juga bisa didapatkan dengan menjadi suplier cangkang sawit yang menjual cangkang sawit berkualitas.

Pemanfaatan cangkang sawit berikutnya adalah sebagai campuran pakan ternak. Banyak peternak yang sengaja menjadi pembeli cangkang sawit untuk dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternaknya. Terbukti campuran ini mampu memberikan pengaruh cukup besar bagi perkembangan ternaknya. Selain itu parapembeli cangkang kelapa sawit juga memanfaatkannya sebagai bahan baku pengeras jalan untuk menggantikan aspal. Selain lebih murah, cangkang sawit juga tidak kalah kuat digunakan sebagai pengeras jalan selain aspal. Hal ini menyebabkan harga cangkang sawit terbaru semakin menanjak.

Briket Cangkang Sawit

Fungsi cangkang sawit yang cukup besar, tidak lepas dari kalori cangkang sawit yang mampu menghasilkan panas sangat kuat. Hingga pemanfaatannya harus dilakukan dengan maksimal untuk mendapatkan manfaat seutuhnya dari cangkang sawit. Pada tahun 2011 lalu, Jepang menjadi inspirasi bagi Indonesia karena memanfaatkan arang cangkang sawit sebagai sumber energi alternatif untuk menghidupkan kembali pusat-pusat pembangkit energinya.

Arang cangkang sawit dalam bentuk briket cangkang kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti minyak yang dari hari kehari semakin berkurang jumlahnya. Briket sawit jauh lebih efektif melakukan pembakaran dibandingkan kayu biasa. Dengan bentuknya yang seragam, proses pembakaran akan lebih sempurna. Permintaan cangkang sawit yang semakin besar membuat harga cangkang sawit per kg juga semakin meroket.

Bisnis cangkang sawit

Semakin banyaknya orang-orang yang mencari cangkang sawit, membuat pengaruh yang cukup besar pada harga jual dan harga beli cangkang kelapa sawit. Meski begitu bisa dipastikan mereka bersedia membayar harga cangkang kelapa sawit berapapun besarnya. Kondisi ini dapat dimanfaatkan menjadi bisnis jual beli cangkang sawit yang sangat menjanjikan keuntungan cukup besar. Hingga banyak orang tertarik merintis bisnis jual cangkang kelapa sawit.

Kandungan cangkang sawit yang murni tanpa bahan-bahan kimia membuat cangkang sawit ramah lingkungan. Proses pemanfaatannya sama sekali tidak menimbulkan bahaya bagi lingkungan sehingga tidak hanya Jepang tapi negara-negara Eropa juga sangat berminat pada arang cangkang kelapa sawit. Penggunaan cangkang sawit sebagai alternatif sumber energi ramah lingkungan membuat cangkang sawit export juga semakin meningkat. Hal ini seharusnya menjadi peluang bisnis jual cangkang kelapa sawit Medan harus dikembangkan.

Untuk memulai bisnis jual cangkang sawit di Lampung, Anda harus memastikan ketersediaan cangkang sawit. Meski luasan perkebunan sawit di Indonesia sangat luas, namun kenyataannya ketersediaan briket cangkang kelapa sawit yang ada sangat tidak mencukupi. Kontrak dengan buyer cangkang sawit juga harus dibuat dengan benar sehingga bisnis tetap menguntungkan. Selain itu mengetahui harga berbagai spesifikasi cangkang sawit adalah keharusan bagi yang ingin merintis bisnis cangkang sawit. Setiap orang yang butuh cangkang sawit akan terpenuhi jika semua pebisnis cangkang sawit mampu menyediakannya dalam jumlah yang cukup.

 

Mengenal Mesin Ripple Mill PKS
Ripple Mill
Mesin Ripple Mill Pabrik sawit
Nut cracker

Merek Ripple Mill PKS yang ada di Pasaran

Produsen mesin ripple mill pabrik kelapa Sawit pada awalnya banyak dari Negara Malaysia, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin ripple mill pabrik sawit berasal dari negara Indonesia. Beberapa merek ripple mill yang ada di Pabrik Sawit: CB – MODIPALM, UVE (UNIVESSEL), EMI, MSB, LAJU, TIMBMET, ROLEK, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *