Mengenal Sebuah Coal Handling System Lebih Dekat

Coal handling system mungkin agak terdengar asing ditelinga kita. tapi tahukah Anda bahwa alat ini ternyata memiliki sebuah peranan penting dalam membantu kinerja PLTU atau kepanjangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap. tentu bila dibayangkan uap ternyata berperan penting dalam pemenuhan kehidupan kita. coal handling system ternyata sangat penting perannya terhadap keberlangsungan dari proses uap yang dikonversi menjadi sebuah energi listrik ini. Energi listrik tentu sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari lagi manfaatnya. Tetapi untuk bisa mendapatkannya tentu memerlukan sebuah proses yang matang serta sistem yang canggih untuk bisa menghasilkan sebuah listrik yang nantinya kita gunakan untuk kegiatan sehari-hari kita. coal handling system pada PLTU terlebih yang menggunakan bahan bakar batu bara digunakan untuk pemrosesan batu bara yang dimana sistem ini sangat membantu untuk dalam aktivitas kerjanya. Dalam sebuah PLTU tentu membutuhkan sebuah devisi atau unit kerja yang mengerti bagaimana sistem ini bekerja dan bagaimana sebuah sistem ini dapat mengolah batu bara sedemikian rupa. Didalam sistem ini memiliki beberapa komponen yang tentu sangat kompleks serta peralatan utama yang berperan untuk proteksi dalam melakukan kinerjanya.bila kita artikan coal handling adalah sebuah sistem yang diterapkan dalam sebuah PLTU berbahan bakar batu bara untuk mengolah batu bara tersebut sehingga kita tidak perlu susah payah atau berkotor-kotor untuk menyentuh batu bara ini. Melihat dari pengertian coal handling system diatas sudah sangat jelas sekali bahwa sistem ini adalah sebuah sistem penting yang harus ada disetiap PLTU, terlebih bagi mereka yang menjadikan batu bara sebagai bahan bakar utama mereka. Dalam sebuah sistem ini ada hal yang dinamakan coal handling system in thermal power plant dimana hal ini adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh sistem yang dikenal dapat mengolah batu bara dengan baik ini. Seperti yang kita ketahui diatas bahwa coal handling system memiliki sebuah komponen yang sangat kompleks dalam menunjang kinerjanya, dalam sistem ini dibagi menjadi 3 tempat penggunaannya, yaitu :

1.             Coal handling system di unloading area

Di tempat ini biasanya sistem coal handling ini diterapkan untuk memudahkan beberapa aktivitas yang ada. Bila kita lihat secara tempat unloading area ini mencakup dermaga, dermaga SU, SPJ atau yang kita kenal dengan semi Permanent Jetty,  dan tempat yang terakhir adalah SPOJ atau Semi Permanent Oil Jetty. Dimana beberapa tempat tersebut sangatlah berkaitan erat dengan area pengemasan suatu barang.

2.             Coal Handling System di Coal stock Area

Sistem ini juga diterapkan didalam area yang difungsikan untuk menyimpan stock-stock yang ada. Sistem ini tentu sangatlah berperan penting dalam berbagai aktivitas yang terdapat dalam area ini. Dan berikut adalah beberapa tempat yang mencakup coal stock area seperti stacker, reclaimer, underground, Teleschopic. Tempat-tempat diatas tentu sangatlah berkaitan erat dalam coal stock area, yang dimana memegang teguh sistem coal handling ini.

3.             Coal Handling System di Coal Bunker Unit

Tempat ketiga sekaligus tempat terakhir adalah di coal bunker unit dimana biasanya hal ini berkaitan erat dengan proses bunker-bunker dalam dunia industri yang ada.

Itulah tadi beberapa penggolongan dari coal handling system ini. Bila kita lihat dalam pemanfaatannya tentu hal ini sangatlah penting digunakan dalam sebuah pembangkit listrik tenaga uap.  sehingga sangatlah dibutuhkan orang-orang atau teknisi yang mengerti akan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *