Mengenal Stasiun Klarifikasi Pabrik Kelapa Sawit

Sebuah pabrik kelapa sawit pastinya memproduksi minyak kelapa sawit dalam jumlah besar. Dibutuhkan tanda buah segar dalam jumlah yang besar pula. Sehingga perlu disediakan kolam limbah pabrik kelapa sawit. Stasiun klarifikasi dikenal pula sebagai stasiun pemurnian. Fungsi utamanya adalah untuk memperoleh minyak kelapa sawit dalam kondisi yang benar-benar murni. Di dalam stasiun ini terdapat beberapa mesin yang siap bekerja untuk memurnikan Crude Palm Oil dari kelapa sawit. Dan setiap mesin diatur dengan posisi sesuai waktu kerja untuk klarifikasi dari minyak kelapa sawit.

Stasiun Klarifikasi dari Vibrating Screen hingga Sand Cyclone

Mesin yang bekerja pada stasiun pemurnian yang pertama adalah Vibrating Screen. Atau, juga dikenal sebagai Vibrating Feeder. Mesin yang bekerja dengan prinsip getaran gravitasi untuk penyaringan bahan adalah pengertian Vibrating Feeder. Apakah bahan diarahkan ke bagian samping atau ke bagian bawah menjadi tugas mesin yang lebih umum dikenal dengan Vibrating Screen dalam stasiun klarifikasi pabrik sawit. Vibrating Screen berguna melakukan penyaringan minyak agar bebas dari kotoran. Kemudian mesin Crude Oil Tank bekerja sebagai penampung CPO pada proses yang terjadi di Vibrating Screen. Mesin ini bekerja pada suhu 90°C sampai 100°C. Hasil akhir dari mesin Crude Oil Tank adalah air, minyak, dan lumpur. Lanjut mesin Continuous Tank yang bekerja melakukan pemisahan minyak dan sludge berdasarakan BJ atau berat jenis dari masing-masing. Hasil kerja dari mesin Continues Tank akan membentuk tiga lapisan. Lapisan teratas adalah minyak, lapisan tengah adalah sludge, dan lapisan terbawah adalah kombinasi kotoran, sludge, serta air. Mesin pada stasiun klarifikasi berikutnya Sludge Tank. Mesin ini untuk melakukan penampungan sludge. Sludge yang dikeluarkan oleh mesin Continuous Tank, ditampung Sludge Tank. Sludge jelas tidak dapat bersih seratus persen. Pasti ada pasir halus yang terikut pada pengolahan minyak kelapa sawit di stasiun klarifikasi. Sehingga Sand Cyclone yang bertugaas untuk melakukan pemisahan antara sludge dengan pasir halus.

Menuju Sludge Separator hingga Recovery Tank

Sludge Separator harus mengolah sludge yang bebas dari kotoran. Sludge Separator bekerja dengan Buffer Tank agar pemisahan minyak dengan sludge menjadi lebih mudah. Kemudian Clean Oil Tank menjadi mesin yang perlu bekerja sesuai SOP agar dapat menghasilkan minyak kelapa sawit yang berkualitas tinggi. Clean Oil Tank bekerja pada suhu 90°C sampai 95°C. Tentu saja dalam kerja mesin yang terdapat dalam proses stasiun klarifikasi, tentu perlu saling melengkapi. Pada mesin Clean Oil Tank masih memungkinkan minyak yang dimurnikan terdapat kotoran. Untuk itu, tugas dari Alfa Laval Purifier inilah yang hendak memurnikan pengolahan minyak kelapa sawit. Dari minyak kelapa sawit yang dihasilkan Vacuum Dryer bekerja mengurangi atau menyerap kadar air yang terkandung pada minyak tersebut. Prinsip kerja Vacuum Dryer ini adalah hisapan air dengan memperhatikan tekanan pompa yang digunakan. Terkahir dalam stasiun klarifikasi pabrik sawit adalah Recovery Tank. Mesin ini menjadi penopang atau wadah minyak yang keluar dari mesin Condensate Sterilizer maupun Sludge.

Cara kerja stasiun klarifikasi untuk memurnikan CPO menjadi minyak kelapa sawit murni diperlukan kerja beberapa mesin. Setiap mesin ditata sesuai dengan urutan kerja dalam proses pemurnian minyak kelapa sawit. Sehingga setiap proses dalam stasiun pemurnian dapat berjalan dengan lancar dan tepat. Menghasilkan minyak kelapa sawit sesuai standar dan mutu yang telah ditetapkan oleh pabrik minyak kelapa sawit.

Mengenal Stasiun Klarifikasi Pabrik Kelapa Sawit
Vacuum Oil Dryer

Merek Mesin Stasiun Klarifikasi Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit berasal dari negara Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB – MODIPALM, Alfa Laval, Westfalia, PMT, SWECO, AMKCO, JINSHENG, TAPIS, VIBRECON, GALAXY SIVTEK, , dll,

 

One thought on “Mengenal Stasiun Klarifikasi Pabrik Kelapa Sawit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *