Mengenal sterilizer pabrik kelapa sawit, beserta Tipenya

Di pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit (Pabrik Kelapa Sawit), ada beberapa stasiun kerja. Salah satunya yang mau kita bahas saat ini adalah Stasiun Rebusan buah sawit (Sterilizer).

Rebusan Pabrik Kelapa Sawit (sterilizer) adalah bejana bertekanan yang menggunakan uap (steam)  dengan tekanan sekitar 3,0 kg/cm2, dimana uap ini digunakan untuk merebus buah kelapa sawit yang ada di dalam  tandan buah segar (TBS) sawit.

Perkenalan tentang Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit di Pabrik Kelapa Sawit

Perebusan Buah Sawit di Sterilizer pabrik kelapa sawit (Rebusan Uap) mempunyai beberapa tujuan dan tahapan supaya dapat diperoleh hasil yang terbaik dan sesuai spesifikasi (standard yang ditetapkan). Dan jika proses perebusan berjalan dengan baik dan sempurna, maka losses (kehilangan minyak pabrik sawit) dapat dikurangi.

Tujuan dari perebusan adalah:

  1. mempermudah proses pelepasan brondolan buah sawit dari tandan buah segar (TBS)
  2. Menghilangkan enzim penghasil asam lemak bebas (ALB) atau Free Fatty Acid (FFA)
  3. Mempermudah proses pelepasan inti sawit (kernel) dari cangkangnya
  4. dehidrasi buah untuk membantu proses digesting/ pelumatan (di mesin digester)  dan pengepressan di mesin screw press  serta mengurangi kadar air pada brondolan sawit.
  5. Untuk membantu proses pemecahan emulsi
  6. Supaya serat (fibre) dan biji (nut) mudah terlepas

Rebusan yang kita bahas dalam artikel ini adalah bejana uap silindris horizontal dengan pintu pada kedua ujungnya (ukuran pintu rebusan horizontal ini bervariasi, ada ukuran diameter 2100 mm, 2700mm, 2800mm dan 3200mm ), dimana lori buah sawit ini dimasukkan dari salah satu pintu (ujung rebusan sawit) dan mengeluarkannya dari pintu lainnya (ujung rebusan sawit lainnya), setelah itu dilakukan proses perebusan / sterilisasi dengan menggunakan uap (steam ) dari Back Pressure Vessel (BPV). Dan Temperatur uap pada pipa inlet sekitar 130-135 °C sedangkan temperatur dalam rebusan sawit (sterilizer) 135 °C.

Tahapan Proses Perebusan Buah Sawit

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan oil losses (kehilangan minyak) yang minimum maka proses perebusan dilakukan dengan sistem perebusan 3 puncak (Triple Peak sterilization) dan waktu yang digunakan untuk 1 siklus (1 cycle) adalah 90 menit yang dibagi dalam 3 tahap :

  1. puncak pertama (first peak) dengan tekanan sampai 1,5 Kg/cm2
    (20 Psi)
  2. puncak kedua(second peak) dengan tekanan sampai 2,0 Kg/ cm2
    (30 Psi)
  3. puncak ketiga (third peak) dengan tekanan sampai 2,8-3,0 Kg/ cm2(40 Psi)

 

Table mekanisme system Tripple Peak (tiga puncak)

Step Durasi (menit) Posisi valve
Inlet Condensate Exhaust
1 2 ON ON OFF
2 ±5 ON OFF OFF
3 1 OFF ON OFF
4 1 OFF OFF ON
5 10-15 ON OFF OFF
6 2 OFF ON OFF
7 2 OFF OFF ON
8 18-24 ON OFF OFF
9 40-50 ON OFF OFF
10 1 ON ON OFF
11 4 OFF ON OFF
12 ±2 OFF ON ON
Total waktu ±90

Keterangan Tabel:

  • untuk step 2,5,8 lamanya waktu tergantung pada tekanan uap (steam) dari Back Pressure Vessel (BPV). Semakin tinggi tekanan uap (steam) yang tersedia maka waktu yang diperlukan untuk mencapai tekanan puncak (peak) juga akan semakin cepat
  • Step 9 adalah masa penahanan (holding time) dan lamanya waktu tergantung pada kondisi buah sawit, biasanya sekitar 45 menit untuk kondisi buah sawit normal (buah sawit matang). Sedangkan untuk buah sawit lewat matang masa penahanan (holding) sekitar 40 menit, dan untuk buah mengkal adalah 48 menit.
  • Untuk Step 12 lamanya waktu tergantung pada tekanan uap (steam) yang masih tertinggal dalam rebusan sawit (sterilizer) pada saat exhaust/buangan uap (dapat dilihat pada pressure gaugenya sampai menunjukkan angka 0 (nol)
  • Di step 9 ini, juga akan ada proses membuka valve continuous blowdown secara otomatis.

 

Beberapa Model Rebusan Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Ada beberapa model Rebusan (Sterilizer ) di Pabrik Sawit:

  1. Rebusan Horizontal

Mengenal sterilizer pabrik kelapa sawit beserta Tipenya
Horizontal Sterilizer

 

2. Rebusan Vertikal

Mengenal sterilizer pabrik kelapa sawit beserta Tipenya
Vertical Sterilizer

Di artikel lain akan dijelaskan lebih lanjut mengenai: cara kerja rebusan vertikal (vertical sterilizer di pabrik kelapa sawit). Tren saat ini dalam pembangunan pabrik sawit adalah menggunakan rebusan sawit vertikal. Dimana stasiun rebusan vertikal ini mempunyai alur yang sama dengan stasiun rebusan lainnya. Ada Ukuran Pintu Rebusan vertikal (vertical sterilizer clutch door) : 1200mm, 1400mm, 1750 mm, dll.

3. Rebusan Bola (spherical sterilizer)

Mengenal sterilizer pabrik kelapa sawit beserta Tipenya
Spherical Sterilizer

4. Rebusan 45 derajat (Oblique Sterilizer)

Mengenal sterilizer pabrik kelapa sawit beserta Tipenya
Oblique Sterilizer

Ke-4 model Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing

Produsen Pintu Rebusan pabrik Sawit pada awalnya banyak dari Negara Malaysia, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual pintu rebusan pabrik kelapa sawit berasal dari negara Indonesia. Beberapa merek Pintu Rebusan yang ada di Pabrik Sawit: UNIVESSEL (Univessel Sterilizer Door), WANG YUEN (Sterilizer Door Wang Yuen) , HIP HING, TECHNO, VG, SAS, dll.

Untuk Pemeliharaan Pintu Rebusan ini, yang perlu dijaga adalah: door packing sterilizer (karet pintu rebusan). Ada beberapa material packing pintu rebusan (sterilizer door packing): NBR, BUNA, EPDM. Dan produsen pintu rebusan ini sekaligus yang jual karet pintu rebusan pabrik kelapa sawit (sterilizer door gasket / sterilizer door seal)

 

3 thoughts on “Mengenal sterilizer pabrik kelapa sawit, beserta Tipenya”

  1. Thn 1916 disei liput Aceh sdh ada pks pakai boiler(primitif)
    Thn 2017 di Langsa Aceh dibangun pks palm oil mill of heat radiation technology (POM-HRT) no limbah dgn prod =Red Oil,Fatslurr,Oil karnel,Cake karnel,Liquid Smoke, Biochar plus dan Solarish

  2. A.sitorus 081362171144
    Direktur riset LP3TIDI
    Lembaga Pusat penelitian dan Pelatihan Teknologi Internasional
    DR.Ishenny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *