Mengenal Tahapan di Station Kernel Pada Pengolahan Kelapa Sawit

Apa saja kegunaaan kernel sawit dalam pengolahan kelapa sawit? Ada banyak diantaranya kegunaan yang dihasilkan dari penggunaan kernel sawit. Dalam pengolahan kelapa sawit itu sendiri, penggunaan kernel sawit dilakukan setelah proses penyortiran, kemudian perebusan, penebah, serta proses pemurnian minyak. Setelah beberapa tahapan tersebut, barulah masuk menuju tahapan proses dari pengolahan biji atau lebih sering pula disebut sebagai kernel station. Pada beberapa tahapan yang sudah disebutkan secara singkat di bagian atas tadi, khususnya setelah proses pengepresan, maka lahan kelapa sawit itu pun akan menghasilkan bagian crude oil serta fiber. Untuk bagian fiber ia akan masuk pada stasiun kernel ini dan untuk tahapan pengolahannya akan dijelaskan pada uraian berikut ini :
Cake breaker conveyor (CBC), fungsi dari alat yang satu ini yaitu untuk membawa serta memecahkan bagian gumpalan cake yang berasal dari bagian press menuju bagian depericarper.
Depericarper, depericarper pabrik kelapa sawit memiliki fungsi dalam memisahkan bagian fiber dengan bagian nut. Kemudian untuk bagian foiber ia akan dibawa menjadi bahan bakar pada bagian boiler, yang juga banyak dikatakan orang sebagai chicago blower Indonesia. Fungsi kerja dari mesin yang satu ini sangat ditentukan berdasarkan pada berat massa. Seperti halnya pada berat massa (fiber) yang lebih ringan, maka ia pun akan terhisap oleh bagian fan tan. Bagian yang satu ini sering pula disebut sebagai novenco fan and heater. Sementara itu, untuk massa yang memiliki ukuran lebih berat (nut), maka ia akan masuk menuju bagian drum nut polishing. Jenis drum yang satu ini memiliki berbagai macam fungsi yang berguna dalam pengolahan kelapa sawit, berikut ini adalah beberapa fungso yang dmilikinya tersebut :
1. Dapat digunakan untuk membersihkan biji dari bagian serabut-serabut yang tentunya masih melekat.
2. Dapat membawa bagian nut menuju depericarper dan kemudian mengantarkannya hingga ke bagian nut transport.
3. Membantu memisahkan nut dari bagian sampah
4. Dapat memisahkan gradasi dari bagian nut.
Nut silo, fungsi dari alat yang satu ini yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum bagian nut memasuki tahap proses pembuatan selanjutnya. Jika proses pemecahan nut dengan menggunakan nut craker, maka ia pun harus dilengkapi pula dengan sistem pemanas (heater) seperti yang disebutkan pada bagian  di atas tadi.
Riplle milk, alat yang satu ini memiliki fungsi untuk memecahkan bagian nut. Pada bagian alat yang satu ini ia terdiri dari bagian rotor yang bergerak dan juga bagian yang diam. Sementara itu nut umumnya akan masuk diantara rotor dari ripple plate tersebut, sehingga mereka saling mengalami benturan dan kemudian cangkang pun dapat terpecah dengan mudah dari bagian nut tersebut.
Claybath, bagian dari mesin press kernel yang satu ini memiliki fungsi untuk memisahkan bagian cangkang serta inti sawit yang pecah dalam keadaan berat dan juga ukuran besar yang hampir sama. Dengan kata lain proses pemisahan ini juga dilakukan berdasarkan pada perbedaan berat jenis yang dimilikinya.
Kernel dryer, pada bagian yang satu ini ia memiliki fungsi untuk mengurangi tingkat kadar air yang terkandung dalam bagian inti produksi kelapa sawit yang dihasilkan olehnya.
Kernel Storage, sebagai bagian akhir kegunaaan kernel sawit khususnya dalam tahapan stasiun kernel. Fungsi dari bagian yang satu ini yaitu sebagai tempat untuk menyimpan inti produksi yang dilakukan sebelum dikirim ke bagian luar atau pun sebelum minyak kelapa sawit tersebut dijual menuju pasar umum di luar pabrik.

Mengenal Tahapan di Station Kernel pada Pengolahan Kelapa Sawit
Stasiun Kernel di PKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *