Mengetahui Bagian-bagian dan Faktor Kerusakan pada Roda Lori Sawit

Keberadaan roller chain sprocket pabrik sawit sangat dibutuhkan dalam produksi kelapa sawit. Selain itu ada juga lori yang punya peran besar untuk menampung buah-buah sawit di pabrik sawit. Lori adalah alat angkut yang menampung buah kelapa sawit sebelum direbus atau disterilkan pada sterilizer. Setidaknya satu lori dapat menopang beban seberat 2,500 kilogram tandan buah segar (TBS). Lori tampak seperti gerbong atau truk, tetapi alat tersebut dirancang untuk berjalan di atas rel.

Peran lori lainnya adalah menjaga sirkulasi pengiriman sawit dari bagian loading tramp, sterlizer, sampai ke pengumpanan di sektor threshing. Salah satu bagian yang harus dijaga agar proses tersebut berjalan lancar adalah roda lori sawit. Sebab roda yang tidak diganti secara berkala akan membuatnya aus atau rusak. Penggunaan yang berlebihan juga disebabkan kurangnya jumlah lori di lapangan. Hal tadi lantas berdampak pada penumpukan buah sawit di loading ramp dan berimbas pada penurunan kapasitas.

Penggantian maupun pebaikan pada kerusakan lori yang lambat jadi salah satu faktor kurangnya jumlah lori. Kemudian, ada juga faktor-faktor kerusakan pada lori, seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Bengkoknya bagian chasis. Biasanya disebabkan oleh benturan yang terjadi berulang kali atau aus yang cukup tinggi;
  • Roda lori mengalami keretakan atau sobek. Umumnya terjadi karena lori yang tebentur ke rel saat lori diturunkan untuk menuang buah-buah yang sudah direbus ke dalam feeder;
  • Aus di salah satu sisi roda lori kelapa sawit. Hal tersebut diakibatkan kurangnya pelumasan, sehingga roda tidak bisa beputar optimal atau metalan yang terlampau sempit pasa suaian roda;
  • Patah pada bagian as roda. Penyebabnya adalah keretakan atau sobeknya roda lori atau lori yang kerap terjatuh saat dikeluarkan dari bagian dalam sterilizer;
  • Dinding lori yang penyok dan bagian las yang terlepas. Bisa diakibatkan oleh kualitas pelat yang kurang bagus atau benturan yang terlalu kuat akibat gandengan antarlori atau doringan paksa terhadap lori yang jatuh dengan memakai lori lain.

Untuk mengganti roda yang rusak, Anda harus segera pergi ke tempat jual roda lori terpercaya. Pastikan pula untuk memeriksa bagian lain lori, supaya Anda bisa sekalian menggantinya kalau ada yang rusak.

Mengenal Bagian Lori Kelapa Sawit

Selain roda, ada pula pelat lori yang biasanya terbikin dari bahan pelat mild steel dengan ukuran 5 mm. Lantas untuk dinding yang rata, di bagian depan serta belakang menggunakan ukuran 8 mm. Mengapa lebih tebal? Sebab bagian-bagian tersebut dipakai untuk mendorong atau menarik rangkaian lori rebusan. Lantas bagian-bagian tadi juga berfungsi untuk menaruh rim bagi pengait dan rantai hoisting crane. Sehingga nantinya dapat menggandeng satu lori dengan lori lainnya.

Kemudian ada pula lubang laluan uap dengan diameter berukuran 10 mm di bagian samping kanan dan kiri lori. Bentuknya yang melengkung bertugas untuk memperkuat pelat. Selain itu, lubang-lubang tadi juga dapat mempercepat sikulasi uap supaya penetrasi terhadap buah bisa lebih cepat. Tugas pelat dan lubang tersebut tentu sama pentingnya dengan roda lori kelapa sawit, jadi harus selalu diperhatikan. Sayangnya, semakin banyak lubang yang ada, semakin berkurang pula kekuatan mekanis dari pelat lori. Untuk mengantisipasi hal-hal buruk, Anda tentu harus selalu memperhatikan kondisi lori. Baik itu di bagian seperti pelat, lubang, hingga ke roda lori sawit.

Merek Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses pabrik kelapa sawit berasal dari negara Eropa/ Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB-MODIPALM, WANG YUEN, Kejuruteraan WANG YUEN , SAWIPAC, KHUN HENG, YKL, EMI, MSB, MSHK, SEW Eurodrive, SEW, Flender, SIEMENS FLENDER, MUAR BAN LEE, MBL, SWF KRANTECHNIK, DEMAG, DEMAGCRANES, BOILERMECH, MECHMAR, ATMINDO, ADVANCE,  VICKERS, SAS, Super Andalas Steel, TAKUMA, MAX, MAX Chain, OCM, PRECISION, PC Chain, RENOLD, RENOLD Chain & Sprocket, OMEGA, KANA, HITACHI, TSUBAKI,  BROOK ANDELL, REXTON, EAST FORCE, NOVENCO, NORDISK, CHICAGO, PHOENIX, DOLPHIN, TECHNO, ABC,  HIP HING, APINDO, LAJU, AMKCO, SWECO, JINSHENG, KIEN SENG, KS,  VIBRECON, PMT,  Dong Yuan, GS, jayatech, ENMIN, ERIEZ, serumpun Indah Lestari, SIL,  MTP, TORISHIMA, KEW CRACKER, KEW, KEW Pump, viktorindo, ARITA, HOLY, UT PATRIA, RICTEC, KOMPTECH, FRONTIER, asia green, aneka hydraulic, REXROTH,  MSHK, MSB, Mega Engineering, UNIVESSEL,  AWAN TIMUR, MUARA PALMA, SEW, EATON, HSS, M-VANCE,  ARI ARMATUREN, TECO, ELEKTRIM, ELECTRIM, ELECON, FLENDER, BREVINI,  MOLLER, SUMITOMO, SIEMENS, DEMAG, DEMAG CRANE, DEMAGCRANES, KONE, KONECRANES, Wampfler, CONDUCTIX, NADROWSKI, KKK, Atlas Copco, Dresser Rand, ELLIOTT, SHINKO, DEUTZ, Mercedez,  MTU, SKF, NTN, FAG, KINGOYA, ETANI, PALFINGER, SIHI, FOSS – NIR, NIR, SPEC, Sovereign Palm oil extractor cleanser, fusheng, SUNLE, SINACO, Szetech, SEKO, OKM, MTO2, SPECK PUMPEN, Southern Cross, WARMAN, TSURUMI, NIKKISO, ALLEN GWYNNES, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *