Mesin Di Stasiun Klarifikasi Pabrik Kelapa Sawit

Salah satu proses mesin pabrik sawit adalah di stasiun klarifikasi kelapa sawit, dimana proses pemurnian minyak sawit kasar (CPO) dan penyimpanannya harus sesuai dengan Standard yang telah ditetapkan. Industri kelapa sawit merupakan indutri yang sangat populer. Industri ini berkembang sangat pesat di Indonesia. Usaha ini bukanlah usaha yang baru dalam industri di Indonesia ini. Hasil yang diberikan dari adanya industri kelapa sawit ini adalah minyak kelapa sawit. Penggunaan minyak ini memang sedang dikembangkan. Perkembangan industri kelapa sawit ini tentunya memiliki peralatan dan mesin – mesin khusus. Karena untuk memproses kelapa sawit ini memerlukan proses yang panjang, maka tak heran mesin – mesin yang digunakan untuk memproduksi minyak kelapa sawit ini juga sangat banyak. Berikut proses yang digunakan untuk memproses kelapa sawit :

  • Penyimpanan Minyak Sawit Mentah (CPO)
    CPO ini adalah kepanjangan dari Crude Palm Oil yang berarti minyak kelapa sawit mentah. Crude Palm Oil ini diperoleh dari kelapa sawit yang merupakan hasil ekstraksi dari proses pengempaan daging dari buah kelapa sawit. Setelah buah kelapa sawit ini diekstrak, maka akan membutuhkan wadah untuk menampungnya. Tangki timbun CPO inilah yang akan menjadi tempat atau wadah untuk menyimpan CPO yang akan diproses nantinya. Tangki ini akan menyimpan minyak sawit mentah hingga akhirnya tiba saatnya untuk diproses lebih lanjut. Maka itu, suhu di dalam tangki penyimpanan ini juga perlu dijaga dengan baik supaya tidak memengaruhi kandungan yang ada di dalam minyak kelapa sawit mentah.
  • Penjernihan Minyak Sawit
    Pengolahan kelapa sawit ini memang memerlukan beberapa tahap. Salah satunya adalah pemisahan minyak dan sludge. Untuk pemisahan ini menggunakan cara sentrifugal. Karena di dalam minyak ini masih terdapat air dan zat padat di dalamnya. Minyak di sini masih belum memenuhi standar untuk dijual. Sehingga akan memerlukan proses lanjutan yang berupa proses penjernihan. Proses penjernihan minyak ini menggunakan oil purifier machine atau mesin pembersih minyak.. Di dalam mesin pembersih minyak ini ada endapan yang memiliki brush strainer yang memiliki tujuan untuk menyaring fibre dan juga kotoran di dalamnya. Brush strainer yang ada pada oil purifier machine ini ada yang berbentuk Rotary Brush Strainer yang juga disebut dengan Rotary Brush Filter, kemudian ada juga Auto Brush Strainer yang kadang juga disebut dengan Automatic Brush Filter Strainer. Dan yang terakhir ada  Westfalia Brush Strainer yang tentunya juga ada pada Rotary Brush Strainer Manufacturers.  Pemisahan minyak kelapa sawit dengan kotoran yang ada di dalamnya ini merupakan salah satu proses penting dalam pengolahan minyak kelapa sawit.
Mesin di Stasiun Klarifikasi Pabrik Kelapa Sawit
Oil Purifier
Stasiun Klarifikasi Pabrik Minyak Kelapa Sawit
Rotary Brush Strainer
  • Pengurangan Kadar Air Pada Minyak
    Vacuum Oil Dryer ini biasa juga disebut dengan Vacuum Dryer Oil  atau Vacuum Dryer Palm Oil Mill ini memiliki fungsi untuk mengurangi kadar air yang berada di dalam minyak. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak, kemudian kandungan airnya akan dihisap dalam kondisi vacuum. Di dalam mesin Vacuum Dryer Kelapa Sawit ini terdiri dari tabung hampa udara yang di dalamnya terdapat sejumlah nozzle injektor. Di dalam Vacuum Dryer ini memiliki tekanan yang sangat rendah sampai di bawah tekanan atmosfer.
Mesin di Stasiun Klarifikasi Pks
Vacuum Oil Dryer

Proses yang panjang untuk menjadikan minyak mentah kelapa sawit sampai akhirnya menjadi minyak kelapa sawit yang digunakan ini memang sangat beragam. Dengan pengembangan kelapa sawit yang semakin dikelola dengan baik ini tentunya akan membuat Palm Oil Mill Community bisa menjaga dengan baik Oil Purifier System And Process dalam menggunakan Vacuum Oil Purifier dalam mengolah kelapa sawit yang ada di masing – masing tempat pemrosesannya.

Merek Mesin Stasiun Klarifikasi Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit berasal dari negara Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB – MODIPALM, Alfa Laval, Westfalia, PMT, SWECO, AMKCO, JINSHENG, TAPIS, VIBRECON, GALAXY SIVTEK, , dll,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *