Peluang Bisnis dari mengolah Limbah Kelapa Sawit

Jurnal industri kelapa sawit menunjukkan bahwa sektor industri minyak kelapa sawit mengalami perkembangan yang cukup berarti. Ini dapat dilihat dari luas areal perkebunan kelapa sawit yang tiap tahunnya meningkat. Meningkatnya areal perkebunan kelapa sawit ini juga disertai dengan meningkatnya produksi minyak kelapa sawit. Meskipun harga pasaran kelapa sawit sering naik turun dan kebetulan saat ini harga kelapa sawit di pasaran relatif rendah, yaitu Rp 1.246,31 per kg untuk kelapa sawit berumur 3 tahun, Rp 1.391,18 per kg untuk kelapa sawit berumur 4 tahun, Rp 1.488,43 per kg untuk kelapa sawit berumur 5 tahun, Rp 1.532,72 per kg untuk kelapa sawit berumur 6 tahun, Rp 1.591,07 per kg untuk kelapa sawit berumur 7 tahun, Rp 1.640,72 per kg untuk kelapa sawit berumur 8 tahun, dan Rp 1.740,66 per kg untuk kelapa sawit berumur 10-20 tahun. Data merupakan pengumuman resmin dari Dinas Perkebunan Riau. Namun, menjadikan sektor ini sebagai peluang bisnis juga masih menjanjikan.

Pemanfaatan kelapa sawit umumnya dilakukan dengan memprosesnya menjadi minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit ini dimanfaatkan sebagai minyak untuk menggoreng. Minyak goreng selalu dibutuhkan setiap harinya untuk memasak. Oleh karena itu, bisnis pada sektor ini tidak pernah kehabisan nafas. Kebutuhan yang terus meningkat akan terpenuhi apabila sektor industri kelapa sawit juga akan menyediakan produk olahan kelapa sawit berupa minyak kelapa sawit.

 

Melakukan Bisnis Kelapa Sawit

Berbisnis dengan menggunakan kelapa sawit sebagai komoditas olahan utama umum dilakukan dengan cara mengolahnya menjadi minyak kelapa sawit atau minyak goreng. Melakukan bisnis kelapa sawit Anda harus memahami cara menghitung kapasitas produksi pabrik kelapa sawit. rumus-rumus berikut merupakan cara menghitung kapasitas produksi pada pabrik kelapa sawit.

Kapasitas Pabrik        = jumlah rebusan x (jumlah lori/rebusan) x (isian lori/lori) x (60

  menit/siklus rebusan)

Interval                = (siklus rebusan/jumlah rebusan)

Waktu Angkat Hostingcrane    = (interval/jumlah lori)

Jumlah Lori 1 Jam        = (60 menit/waktu angkat hostingcrane)

Kapasitas            = jumlah lori 1 jam x jumlah kapasitas lori

Sayangnya, tidak banyak pebisnis yang berani mencari peluang bisnis dengan cara mengeksplor kelapa sawit menjadi barang produksi selain minyak. Bahkan tidak ada yang berani mengeksplorasi limbah kelapa sawit sebagai potensi bisnis. Salah satu limbah dari pengolahan kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit ini adalah limbah cair. Limbah cair ini dapat dieksplorasi menjadi salah satu peluang bisnis yang mungkin dapat Anda lakukan. Umumnya limbah merupakan sisa produksi yang terabaikan. Namun, dengan memakai kacamata yang lebih optimis, limbah kini dapat dijadikn salah satu ekspansi peluang bisnis Anda.

Memanfaatkan Limbah Cair Kelapa Sawit

Jurnal pemanfaatan limbah kelapa sawit menunjukkan bahwa limbah kelapa sawit khususnya limbah cair dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Limbah cair diperoleh dari hasil sampingan proses pengubahan kelapa sawit menjadi minyak sawit. limbah cair ini dapat langsung digunakan sebagai pupuk. Untuk menekan pengeluaran pemeliharaan kelapa sawit, khususnya pengeluaran untuk pupuk, dapat memanfaatkan limbah cair hasil sampingan olahan kelapa sawit ini.

Peluang Bisnis Dari Mengolah Limbah Kelapa Sawit

Limbah cair ini masih mengandung minyak dan komponen organik lainnya. Umumnya, pengolahan limbah cair dari hasil sampingan minyak kelapa sawit ini dengan menggunakan bakteri anaerob. Namun pengolahan yang telah dilakukan saat ini dengan metode konvensional. Yaitu menggunakan kolam penampungan yang besar sehingga memungkinkan pembentukan konsentrasi biomassa yang rendah. Pemutakhiran pengolahan seperti penggunaan bioreaktor anaerob yang memiliki konsentrasi biomassa yang tinggi. Bioreaktor anaerob adalah jenis reaktor yang dimanfaatkan untuk mengolah limbah organik cair, salah satunya limbah kelapa sawit, yang berbantuan bakteri anaerob. Memanfaatkan limbah cair dari kelapa sawit ini akan menjadi peluang bisnis Anda, di tengah perkembangan pesatnya sektor industri kelapa sawit menurut Jurnal industri kelapa sawit.

Bisnis dari Mengolah Limbah Kelapa Sawit

One thought on “Peluang Bisnis dari mengolah Limbah Kelapa Sawit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *