Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit

Salah satu pemanfaatan mesin pabrik sawit dan minyak kelapa sawit ini juga bisa menjadi biofuel yang rencananya bisa menggantikan bahan bakar minyak (BBM) yang telah ada. Industri kelapa sawit ini merupakan industri yang masih terus dikembangkan hingga kini. Potensi dari kebun kelapa sawit yang sudah menyebar di Indonesia ini memang akan terus dimanfaatkan. . Manfaat minyak kelapa sawit ini bukan hanya sekedar untuk pengganti BBM saja. Namun limbah dari kelapa sawit juga bisa dimanfaatkan yaitu tandan kosong kelapa sawit. Pada umumnya dalam pengolahan kelapa sawit yang akan diambil adalah Tandan Buah Segar. Namun, tandan kosong kelapa sawit ini juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak orang. Sisa dari tandan buah segar yang telah diambil daging buahnya ini akan menjadi limbah tandan kosong kelapa sawit.

PENGERTIAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)

Pengertian tandan kosong kelapa sawit ini adalah limbah dari tandan buah segar kelapa sawit yang tadinya sudah diambil manfaatnya untuk pengolahan minyak sawit.  Pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) ini ternyata cukup banyak. Maka dari itu, banyak juga pengolahan tandan kosong kelapa sawit yang dilakukan.Kandungan tandan kosong kelapa sawit ini bisa dimanfaatkan untuk hal. Untuk mengolah tandan kosong kelapa sawit ini perlu menggunakan pencacah tandan kosong sawit. Tandan kosong kelapa sawit sebagai bioetanol ini juga masih terus dikembangkan hingga kini. Karena manfaat tankos kelapa sawit ini memang belum dimanfaatkan secara optimal. Sehingga, hal ini membuat inovasi dari para peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit sebagai pupuk organik dan bahan bakar biofuel.

MERUPAKAN LIMBAH TERBESAR DARI INDUSTRI KELAPA SAWIT

Suatu industri tentu akan sangat erat hubungannya dengan limbah atau sisa dari apa yang telah diolahnya. Sama seperti kelapa sawit yang memiliki limbah tandan kosong yang merupakan sisa dari tandan kelapa sawit segar yang sudah diambil manfaat daging buahnya. Tandan kosong kelapa sawit ini bisa dijadikan hal yang bermanfaat antara lain menjadi bahan bakar biofuel yang berupa bioethanol dan juga bisa menjadi pupuk kompos bagi tanaman. Adanya tandan kosong ini memang sangat banyak. Dibanding dengan limbah lain yang dihasilkan dari industri kelapa sawit ini, limbah tandan kosong inilah yang terbanyak. Namun, semenjak ada pengelolaan limbah tandan kosong kelapa sawit ini limbah ini menjadi hal yang bermanfaat. Karena hal ini menajdi hal yang bermanfaat maka hal ini juga yang membuat tandan kosong kelapa sawit yang merupakan limbah terbesar dari kelapa sawit kini tidak gratis lagi. Harga tandan kosong kelapa sawit 2014 dan harga tandan kosong kelapa sawit 2015 yang terus berganti ini sudah bisa dirasakan bagi para pengolah tandan kosong. Dulunya tankos ini dibakar. Namun, sejak adanya peraturan bahwa tankos ini tidak boleh lagi dibakar maka tankos ini didiamkan dan dibiarkan begitu saja. Sehingga kompos tandan kelapa sawit ini masih sangat ekonomis untuk diolah menjadi hal yang bermanfaat. Sejak harga tandan kelapa sawit ini berlaku, maka akan berlaku juga nilai ekonomis terhadap limbah kelapa sawit ini. Namun, selama harga jual tankos kelapa sawit ini masih lebih rendah dari produk turunannya tidak menjadi masalah. Jadi, harga TKKS (tandan kosong kelapa sawit) yang beredar tidak akan membebani pengolahan selanjutnya yang bisa dilakukan dari limbah kelapa sawit.

MANFAAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT

Walaupun sekarang harga tandan kosong kelapa sawit ini bisa menjadi salah satu mata pencaharian para petani, manfaat tandan kosong kelapa sawit ini juga tidak bisa dianggap sederhana. Salah satu manfaatnya adalah pembuatan bioetanol dari limbah kelapa sawit. Ukuran tandan kosong kelapa sawit ini biasanya besar- besar sehingga akan membutuhkan mesin pencacah tandan kosong kelapa sawit yang bisa disebut juga dengan palm oil shredder atau oil palm frond shredder dan juga oil palm shredder machine (pencacah tandan kosong sawit) . Setelah melaui mesin pencacah ini ukuran tandan kosong kelapa sawit ini menjadi lebih kecil yang bisa berukuran lebih berukuran 5cm. Tandan atau janjang kosong kelapa sawit ini akan melalui lebih dari satu kali proses pencacahan. Karena tankos kelapa sawit ini juga akan diproses dan dicacah menjadi ukuran yang lebih kecil lagi untuk memudahkan pemanfaaatannya. Pemanfaatan janjang kosong kelapa sawit ini memang terus dikembangkan. Mesin press tankos (tandan kosong)  akan dibutuhkan dalam pengolahan tankos kelapa sawit. harga mesin pencacah tandan kosong kelapa sawit ini tentu tidak sama dengan harga tankos yang beredar di pasaran. Karena tentunya harga bahan baku dan peralatan memang tidak sama.

APLIKASI JANJANG KOSONG KELAPA SAWIT

Aplikasi janjang kosong kelapa sawit selain digunakan untuk bioethanol juga bisa dijadikan kompos. Manfaat janjang kosong kelapa sawit ini juga bisa dijadikan pupuk kompos pada tanaman. Kandungan hara kompos tandan kosong kelapa sawit ini sangat baik untuk diaplikasikan. Tandan atau janjang kosong kelapa sawit ini walaupun merupakan sebuah limbah dari tandan buah segar kelapa sawit yang telah diambil manfaatnya, tetap bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Abu tandan kosong kelapa sawit ini bisa diolah menjadi kompos. Tanaman yang juga memiliki unsur hara ini memang bisa diberikan berbagai macam pupuk yang sesuai. Namun, apabila pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan sesuatu dari alam yang masih memiliki manfaat tentu akan lebih baik. Karena di dalamnya tidak akan ada unsur kimia yang bisa membahayakan tanaman dan juga makhluk hidup lain dalam pengolahannya.

 

Pengembangan riset mengenai tandan kosong ini masih terus dilakukan karena penggunaan dari tandan kosong ini belum optimal. Selain itu, limbah tandan kosong ini adalah limbah terbesar yang dimiliki oleh industri kelapa sawit. Seperti yang kita tahu bahwa industri kelapa sawit ini adalah industri yang besar dan banyak tersebar di Indonesia. Karena itu, riset mengenal ini akan terus dilakukan. Apalagi sekarang limbah tandan kosong kelapa sawit ini sudah tidak lagi boleh dibakar. Karena asap hasil pembakarannya akan mengakibatkan pencemaran udara. Sementara jumlah limbah ini sangat banyak. Maka dari itu dilakukan kebijakan dan penelitian yang lebih baik dalam mengatasi limbah tandan kosong kelapa sawit.

Adanya jurnal kompos tandan kosong kelapa sawit juga semakin banyak. Hal ini tentu dilakukan berdasarkan tinjauan pustaka kompos tandan kosong kelapa sawit yang tentunya sebelumnya sudah melalui uji coba. Setelah melalui penelitian ini tentu akan menjadikan pengelolaan limbah bisa dilakukan dengan baik. Hal ini hanya salah satu contoh pengelolaan limbah yang bisa diaplikasikan kembali ke alam. Sehingga, dampaknya pun akan baik ke depannya. Sementara limbah lainnya yang ada pada suatu industri ini juga perlu penelitian dan pengembangan supaya bisa dimanfaatkan seperti limbah tandan kosong kelapa sawit yang sudah diberlakukan saat ini.

Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit
Shredder / Pencacah Tandan Kosong
Tankos Kelapa Sawit
EFB Press /Mesin Press Tandan Kosong Sawit
Janjang Kosong Kelapa Sawit
Bunch Crusher

 

Merek Mesin Pemrosesan Tandan Kosong Kelapa Sawit (press / shredder atau cincang)  yang ada di Pasaran

Produsen mesin dan sparepart pabrik Sawit pada awalnya banyak dari Negara Malaysia, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen  distributor mesin pabrik kelapa sawit yang jual mesin pemrosesan tandan kosong kelapa sawit berasal dari negara Indonesia. Beberapa merek Mesin pemrosesan Tandan Kosong  Kelapa Sawit terkenal yang ada di Pabrik Sawit: CB – MODIPALM, MUARBAN LEE, SAWIPAC, MSB, YKL – KHUN HENG, M-VANCE, EMI, SUNLEE, SINACO, LAJU, dll,  dimana harga mesin pabrik kelapa sawit ini berbeda beda tergantung kapasitasnya .  Ada begitu banyak jenis mesin pabrik kelapa sawit, tapi apapun mereknya yang paling penting dilakukan adalah perawatan mesin pabrik sawit tersebut dimana komponen mesin pabrik sawit haruslah dipilih yang asli dan sesuai spesifikasi mesin pabrik sawit tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *