Perhitungan Rendemen Dalam Jurnal Kelapa Sawit

Jurnal kelapa sawit digunakan sebagai sistem pembukuan untuk mengetahui bagaimana perhitungan yang dilakukan dalam proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng yang dihasilkan oleh pabrik. Keberadaan jurnal tersebut tetunya sangat penting, selain berisi informasi terkait proses pengolahan kelapa sawit ia juga memuat banyak jumlah dari sistem perhitungan yang dilakukan pada proses pengolahannya.
Sebelum menjadi limbah yang dikenal dengan nama tandan kosong kelapa sawit, buah tandan kelapa sawit itu sendiri akan mengalami proses pengolahan yang panjang dengan menggunakan berbagai macam alat atau pun mesin yang mendukung pengolahannya. Salah satu jenis mesin yang digunakan untuk mengolah kelapa sawit adalah decanter. Jenis mesin apakah decanter tersebut? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, sebaiknya anda simak uraian penjelasan di bagian bawah ini :
Mesin decanter, bukanlah jenis mesin yang hanya digunakan di pabrik kelapa sawit saja, melainkan banyak pula digunakan pada berbagai macam pabrik lainnya. Namun jenis mesin yang satu ini umumnya digunakan untuk mengolah limbah. Mesin ini sering pula disebut centrifuge, dan ia memiliki fungsi sebagai stasiun klarifikasi yang dapat memisahkan antara cairan serta suspensi yang dilihat berdasarkan berat jenisnya. Itulah sebabnya banyak yang menyatakan bahwa mesin yang satu ini digunakan sebagai alat fiber kelapa sawit.
Mesin ini digunakan untuk mengganti kinerja dari beberapa bagian unit yang dimiliki pabrik kelapa sawit. Hal ini dilihat melalui cara kerja yang dimilikinya, dimana mesin tersebut menggunakan gaya sentrifugal, dengan bagian silinder yang digunakan sebagai bagian poros dari separator. Sehingga setiap cairan yang masuk pada silinder tersebut, nantinya akan diputar secara bersamaan yang akhirnya akan memisahkan kedua bagian komponen yang terdapat di dalamnya. Untuk ukuran kecepatan dari mesin itu sendiri juga disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunaannya sehingga cairan pun dapat dipisahkan. Demikianlah kiranya fungsi dan cara kerja decanter sebagai alat yang memegang peranan penting dalam pengolahan kelapa sawit.
Dari hasil pengolahan dengan menggunakan mesin decanter tersebut, maka perhitungan pun harus  dilakukan padanya, baik itu pada minyak kelapa sawit yang dihasilkan atau pun pada perbandingan penggunaan bahan baku dengan minyak yang dihasilkannya. Salah satu hal penting yang juga menjadi bagian perhitungan dari proses pengolahan kelapa sawit di atas tadi, diantaranya adalah perhitungan rendemen kelapa sawit. Apa yang dimaksud dengan perhitungan rendemen? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah penjelasan di bagian bawah ini :
Perhitungan rendemen
Perhitungan rendemen adalah jenis perhitungan yang juga dilakukan pada  jurnal kelapa sawit dengan tujuan untuk mengetahui jumlah yang dihasilkan dari tingkat produktifitas suatu pabrik, dalam hal ini adalah pabrik kelapa sawit. Dengan sistem hitungan yang satu ini, selain jumlah hasil produksi yang dapat diperhitungkan, ia juga berguna dalam mengontrol kualitas hasil kelapa sawit yang dimilikinya, bahkan untuk fungsi kelapa sawit itu pun akan terasa lebih maksimal.

Perhitungan Rendemen dalam Jurnal Kelapa SawitRendemen dalam Jurnal Kelapa Sawit

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung rendemen kelapa sawit tersebut, maka perhatikanlah contoh bentuk perhitungan yang akan penulis jelaskan berikut ini :

Rumus hitungan rendemen kelapa sawit :

RKS = (CPO/TBS) X 100%
Ket :
RKS : Prosentasi hasil rendemen kelapa sawit (%)
CPO : Jumlah yang dihasilkan dari crude palm oil (kg)
TBS : Jumlah tandan buah kelapa sawit segar yang diolah  (kg)
Jika pabrik kelapa sawit A mengolah TBS dengan jumlah 250.000 kg per harinya. Sedangkan jumlah minyak sawit yang dihasilkan oleh pabrik tersebut mencapai hitungan 60.500 kg per harinya, maka jumlah rendemen kelapa sawit tersebut adalah?
RKS = (CPO/TBS) X 100%
= (60.500/ 250.000) X 100%
= 24,2%
Demikianlah salah satu jenis perhitungan yang terdapat dalam jurnal kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *