Proses Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Apabila Anda pernah bekerja di perkebunan sawit, maka Anda pasti familiar dengan yang namanya pengertian rendemen kelapa sawit. Rendemen dan kelapa sawit memiliki hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya. Rendemen adalah perbandingan jumlah CPO yang dihasilkan dari satu kg TBS dari kelapa sawit. Apa itu CPO dan TBS? CPO adalah Crude Palm Oil sedangkan TBS adalah Tandan Buah Segar.

Pemakaian istilah rendemen yang biasanya diketahui adalah rendemen 25% atau bisa juga rendemen 20%. Rendemen memiliki peranan yang cukup penting didalam proses pengolahan kelapa sawit. Melalui penghitungan rendemen, tingkat produktifitas dari sebuah pabrik kelapa sawit bisa diketahui dengan baik. Dengan mengetahui tingkat produktifitas suatu perusahaan kelapa sawit, maka kualitas dari sebuah pabrik bisa terkontrol. Rendemen memiliki rumus dasar yaitu RKS = (CPO/TBS) x 100%. RKS adalah kepanjangan dari persentase rendemen kelapa sawit (dalam satuan %), CPO adalah kepanjangan dari banyaknya jumlah crude palm oil yang dihasilkan (dalam satuan kg).  

Proses Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Proses pengolahan kelapa sawit

Sebagai salah satu komoditas penting, pengetahuan yang berkaitan dengan olahan kelapa sawit perlu diketahui demi kualitas minyak sawit yang lebih baik. Secara umum, proses pembuatan minyak kelapa sawit di pabrik dapat dibagi menjadi beberapa tahap.

Pembuatan Minyak Kelapa Sawit

Loading ramp

Tahap pertama adalah tahapan loading ramp. Pada tahapan ini, buah kelapa sawit disortir oleh pihak sortasi. Setelah itu, buah yang sudah disortir akan dimasukkan kedalam ramp cage. Ramp cage ini terletak diatas rel lori. Ramp cage  adalah sebuah alat yang memiliki 30 pintu, pintu ini bisa dibuka tutup dengan menggunakan sistem hidrolik yang berada disebelah kiri dan kanan. Ketika pintu dibuka, maka bagian bawah lori yang terletak dibawah cage terisi dengan Tandan Buah Segar.

Lori yang sudah terisi akan ditarik dengan menggunakan capstand menuju ke transfer carriage. Transfer carriage memiliki kapasitas yang dapat memuat 3 lori. Masing-masing lori memiliki rata-rata berat mulai dari 3,3  sampai dengan 3,5 ton. Transfer carriage lori dapat diarahkan sesuai dengan rel sterilizer yang diinginkan. Sedangkan untuk yang akan dimasukkan ke sterilizer, jumlah lori yangd digunakan adalah 12 lori yang dilakukan dengan menggunakan loader.

Sterilizer

Fungsi dari perebusan didalam bejana atau disebut juga dengan sterilizer adalah untuk mematikan enzim, memudahkan brodol yang terlepas dari tandannya, mengurangi adanya kadar air didalam buah kelapa sawit, melunakkan mesocarp yang bertujuan untuk proses pelumatan dan pengepresan yang lebih mudah, dan juga untuk memudahkan agar kernel bisa terlepas dengan mudah dari cangkangnya. Proses ini memakan waktu antara 85 -95 menit. Media yang digunakan sebagai media pemanas adalaha steam BVP atau disebut juga sebagai Back Pressure Vessel. Steam ini memiliki tekanan sebesar 2,8 sampai dengan 3 bar.

Proses perebusan yang dilakukan adalah proses dengan sistem 3 peak. Siste, 3 peak adalah sistem tekanan yang memiliki tiga puncak yang dimulai dari 1,5 Kg/cm2 untuk puncak pertama, 2,0 Kg/cm2 untuk puncak kedua, dan 2,8 – 3,0 Kg/cm2 untuk puncak ketiga.

Proses perebusan di pabrik kelapa sawit dilakukan dengan cara melakukan  proses deaeration selama dua menit. Pada saat proses ini dilakukan, posisi condensate terbuka. Setelah itu, masukan uap pada peak pertama selama 10 menit dengan jumlah tekanan mencapai 1,2 bar. Ketika tekanan mencapai 0 bar, maka uap dan kondensat dibuang. Proses ini memakan waktu selama 5 menit. Pada saat tekanan mencapai dua bar, maka uap dapat dimasukkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 3 menit, uap kondensat dibuang dan masukkan steam supaya peak ke-3 tercapai. Waktu yang dibutuhkan adalah  15 sampai dengan 20 menit. Apabila peak ketiga sudah tercapai, proses penahanan dapat dilakukan kurang lebih 40 – 50 menit. Setelah itu, kembalikan tekanan sampai 0 dan uap kondensat yang ada dibuang selama kurang lebih 5 sampai dengan 7 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *