Proses Pengolahan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit

Limbah tandan kosong kelapa sawit adalah salah satu bagian limbah terbesar yang dihasilkan oleh pabrik pengolahan kelapa sawit. Namun siapa sangka jika limbah yang satu ini justru dapat menghasilkan kontribusi yang besar. Ya, selain limbah cair, dan gas yang dihasilkan oleh pabrik pengolahan minyak kelapa sawit tersebut, limbah padat inilah yang umumnya dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang lebih berguna. Mengapa dikatakan berguna? Untuk mengetahui informasinya, simaklah bentuk penjelasan di bagian bawah ini :
Limbah tandan kosong merupakan bentuk limbah padat yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak kelapa sawit. Limbah ini diperoleh dari tandan buah segar yang sebelumnya telah mengalami proses sterilisasi pada bagian tresher, sehingga brondolan yang dimilikinya pun mulai terlepas dari bagian tandannya. Setelah itu brondolan tersebut pun mulai diproses kembali menuju tahap selanjutnya yang kemudian akan diubah menjadi minyak sawit serta inti sawit. Sedangkan untuk bagian dari tandan kosong, itu akan dibuang dan menjadi bagian dari limbah padat hasil pengolahan minyak sawit.
Tandan kosong ini termasuk dalam bentuk limbah yang sangat melimpah, hal ini dikarenakan pabrik kelapa sawit yang terapat di Indonesia juga berada dalam jumlah yang cukup banyak. Bahkan menurut survey limbah tandan kosong ini dapat mencapai angka 20 juta ton. Itulah sebabnya banyak sekali penumpukan limbah yang satu ini, dan untuk saat ini nilai ekonomis dari limbah tersebut pun belum dapat ditemukan dengan lebih pasti.
Dengan ilmu pengetahuan serta perkembangan pada teknologi kelapa sawit saat ini, limbah tandan itu tadi sebenarnya dapat diolah menjadi produk sampingan lainnya, yang tentu saja dapat pula disesuaikan dengan fungsi yang dimilikinya. Namun pengolahan pada limbah sawit itu sendiri masih sangat jarang dilakukan. Sementara untuk saat ini kebanyakan dari limbah tersebut hanya disebar pada beberapa bentuk perkebunan saja, yang kemudian dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk. Hal ini cukup menjadi solusi yang tepat apabila dibandingkan dengan proses pengolahan limbah dengan cara dibakar yang tentunya dapat mengakibatkan pencemaran pada bagian udara di lingkungan sekitarnya.
Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengolah limbah tandan kosong tersebut menjadi pupuk kompos. Hal ini umumnya juga dilakukan oleh pabrik kelapa yang mengolah perkebunannya dengan mengelola perkebunannya menggunakan pupuk dari limbah tandan yang dibuat dengan cara sederhana.
Penggunaan pupuk tersebut cukup dengan menyebarkan limbah tandan di sekitar area perkebunan begitu saja. Dengan kondisi limbah yang penuh serat, lahan perkebunan kelapa tersebut seringkali dikhawatirkan akan mengalami kesulitan untuk setiap tahap penguraiannya. Karena itulah untuk proses pemupukan yang baik, maka sebaiknya dilakukan proses pencacah tandan sawit atau pemotongan limbah itu terlebih dahulu. Kemudian aturlah limbah tersebut dengan cara ditumpuk sebagai proses pengomposan. Pada tahapan yang satu ini limbah tersebut dapat disiram dengan menggunakan limbah cair yang juga dihasikan dari proses pengolahan kelapa sawit. Proses pengomposan ini dilakukan selama 6 minggu, dan setelah selesai maka pupuk kompos dari limbah kelapa sawit pun dapat digunakan kembali untuk menjaga kesuburan dari perkebunan kelapa sawit itu sendiri.

Proses Pengolahan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit
Tankos
Pengolahan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit
Tandan Kosong Sawit di PKS

Untuk kandungan nutrisi tandan kosong kelapa sawit yang telah dibuat menjadi pupuk diantaranya adalah kandungan C 35%, C/N 15, N 2.34%, P 0,31%, Ca 1,46%, K 5,53%, Mg 0.96%, serta kandungan air sebanyak 52%. Selain dibuat menjadi pupuk kompos, limbah padat itu pun dapat dibuat menjadi sumber energi yaitu melalui pembuatan tandan kosong kelapa sawit sebagai bioetanol sebagai bentuk energy alternatif untuk menggantikan posisi minyak bumi yang dikatakan semakin menipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *