Proses Pengolahan Minyak Inti Sawit

Mesin inti sawit adalah sebuah mesin pabrik kelapa sawit yang digunakan untuk melakukan pemrosesan minyak inti sawit. Inti minyak sawit adalah sebuah minyak nabati yang diambil dari inti atau biji dari buah kelapa sawit. Inti minyak kelapa sawit ini sering kali juga Palm Kernel Oil. Minyak ini hanya bisa dibuat pada pabrik inti sawit (kernel crushing plant). Anda bisa mendaptkan harga jual kernel sawit di petani kelapa sawit untuk diolah pada pabrik minyak sawit anda. Selain mendapatkan produk PKO atau Palm Kernel Oil anda juga bisa mendapatkan produk lainnya sebagai produk sampingan seperti produk makanan ternak.

Persiapan pengolahan biji kelapa sawit

Biji kelapa sawit adalah sebuah biji yang diambil dari dalam buah sawit memiliki bagian seperti cangkang seperti telur. Bagian dalam dari cangkang ini baru disebut dengan inti sawit. Proses minyak sawit persiapan ini diperlukan untuk mengefisiensi ekstraksi minyak dari inti kelapa sawit. Proses pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan inti kelapa sawit. Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan kemungkinan kontaminasi material lain seperti metal pada produk minyak.

Sebelum mengalami pengolahan, inti sawit kernel akan di proses terlebih dahulu dengan sebuah proses. Proses ini dilakukan untuk mengurangi kadar air pada inti dari sawit. Bagi yang jual inti sawit kebanyakan hanya menjual inti sawit saja karena banyak dicari oleh konsumen. Dengan adanya proses pengurangan air pada inti sawit ini akan membuat biji sawit lebih mudah dipecah karena adanya penyusutan isi dan tercipta celah antara inti sawit dan cangkang. Inti kelapa sawit yang digunakan untuk membuat minyak inti kelapa sawit ini dipecahkan dengan menggunakan mesin bernama ripple mill. Dengan menggunakan alat ini anda bisa mengambil inti kelapa sawit dengan lebih sedikit kemungkinan intinya ikut pecah.

Setelah terjadi dilakukan pemisahan inti dengan cangkangnya maka akan dilakukan pengepresan yang menghasilkan fibre dan juga biji kelapa sawit yang disebut dengan palm kernel cake. Setelah dihasilkan produk yang disebut dengan cake ini, maka akan dilakukan persiapan pengolahan untuk memisahkan biji kelapa sawit dengan fibernya. Pada masa pemecahan dan juga pemisahan ini sisa produk dari biji kelapa sawit akan menghasilkan produk sampingan yang sering kali disebut dengan Palm Kernel Expeller. Setelah dipisahkan, biji akan mengalami tahap ketiga yang  digunakan untuk fermentasi. Proses fermentasi dilakukan dengan mengeringkan biji kembali di suhu 600 celsius hingga 700 celsius.

Kernel-pressing

Proses kernel kelapa sawit selanjutnya adalah pemrosesan kernel-pressing. Proses ini dilakukan dengan memasukkan hasil preprocessing dari biji kelapa sawit kedalam sebuah kandang atau barel berbentuk silinder yang berlubang yang memiliki benang spiral yang terputus yang berputar. Silinder yang digunakan memang tidak terlalu besar. Meski begitu produk biji kelapa sawit akan dipaksa untuk melewatinya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan Palm Kernel Oil. Sisa dari Palm Kernel Oil production ini disebut dengan cake yang akan dibuang dari lubang anular. Pada proses ini, minyak mungkin akan mengalami kerusakan karen suhu yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, untuk menjaga minyak dari kerusakan dilakukan pendinginan dengan menggunakan air.

Pembersihan minyak

Pembersihan minyak kernel sawit ini akan menentukan kualitas dari PKO atau Palm Kernel Oil. Selain untuk menjaga kualitas, selain dengan melakukan pembersihan, peningkatan kualitas juga harus dilihat dari pemilihan biji sawit. Untuk mendapatkan kualitas biji sawit yang baik anda tentu harus memperhatikan harga inti sawit. Semakin tinggi harga biji sawit pada saat tertentu akan meningkatkan kualitas minyaknya. Harga inti sawit hari ini dengan harga sebelumnya memiliki nilai yang berbeda. Seperti harga kernel sawit oil pada saat ini yaitu periode 8-14 Januari 2016 naik 58 rupiah dari Rp. 4.280,- menjadi Rp  4.338,- per kg. Untuk rata rata harga kernel sawit 2015 harganya adalah Rp 4000-an per kg.

Peningkatan kualitas dari proses ini dilakukan dengan melakukan pemisahan debu halus dan juga endapan dari minyak yang akan disimpan. Hasil dari klarifikasi ini dimasukkan kedalam sebuah tempat lalu di pompa ke tempat lain untu mengalami proses selanjutnya yaitu proses pembersihan kotoran lain yang lebih besar. Setelah itu minyak akan dipompa ke tempat lain untuk melakukan filter yang lebih dalam lagi sebelum disimpan.

Mesin pengolahan PKO

Pengolahan minyak sawit secara modern dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan pabrik kernel crushing plant atau KCP. Produk dari mesin press inti sawit ini adalah PKO atau Palm Kernel Oil, Palm Kernel Meal atau PKM dan juga PKE atau Palm Kernel Expeller. Ada salah satu jenis PKO machine dalam Palm Kernel Oil processing dapat berupa proses pemerasan, menyaringan dan juga penyimpanan.

 

Produk hasil mesin pengolahan PKO

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa mesin PKO menghasilkan 3 produk yaitu PKO (Palm Kernel Oil), PKM (Palm Kernel Meal) dan juga PKE (Palm Kernel Expeller). Berikut penjelasannya.

  • PKO atau Palm Kernel Oil

Minyak biji kelapa adalah minyak yang dibuat dari inti buah kelapa sawit dengan menggunakan Palm Kernel Oil extraction machine. Lalu bagaimana daging buahnya? Daging buahnya tentu bisa dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat lainnya yaitu pembuatan crude palm kernel oil. Palm Kernel Oil specification atau kandungan dari minyak PKO antara lain adalah asam lemak baik, bahan menghalus dan pelembut. Iodin, pewarna alami. Peroksida, saponin, zat rasa dan warna lemak padat dan juga kontamimasi lainnya. Mengenai produksi  PKO dan efisiensinya ini bisa anda pelajari dari Palm Kernel Oil extraction rate.

  • PKM atau bungkil inti sawit

Bungkil inti sawit disebut juga dengan Palm Kernel Meal. Bungkil inti sawit untuk pakan ternak ini adalah sebuah hasil sampingan dari pengolahan PKO yang memiliki nutrisi yang tinggi. Karena nutrisinya yang tinggi ini, PKM yang merupakan hasil sampingan dari pengolahan PKO ini dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Harga dari bungkil saat ini adalah Rp 880/kg yang turun dari tanggal 1 yang masih 916 rupiah per kg.

  • PKE atau Palm Kernel Expeller

Selain menghasilkan PKM sebagai produk sampingan, Palm Kernel Oil expeller machine juga menghasilkan PKE yang juga ccok digunakan untuk pakan ternak. Bagi anda Palm Kernel Expeller buyers bisa membeli produk ini di Palm Kernel Expeller manufacturers atau perusahaan pengolahan minyak sawit yang biasa menjual atau sell Palm Kernel Expeller.

Bagi anda yang ingin menggunakan PKE sebagai makanan ternak anda, anda bisa melihat kandungan nutrisi dari PKE yang terangkum dalam Palm Kernel Expeller specification dibawah ini:

  • Protein sebanyak 18%
  • Moisture 10%
  • Minyak 9%
  • Silika 2.5%

Mengenai harga Palm Kernel Expeller, semuanya bermacam-macam. Tergantung dengan pejualnya dan lokasi barang. Selain dari harganya, produsen dan kandungan dari PKE mungkin bermacam-macam tergantung dengan kualitas biji dari kelapa sawit sebelum diproses. Palm Kernel Expeller price ini memiliki harga 675 rupiah per kilogram.

proses pengolahan minyak inti sawit
Palm Kernel Expeller Machine

Merek Mesin Press Inti Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin palm kernel expeller pada awalnya banyak dari Negara Malaysia, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin press inti sawit berasal dari negara Indonesia. Beberapa merek palm kernel oil expeller machine yang ada di Pabrik Sawit: MUARBAN LEE, YKL – KHUN HENG, DONG YUAN, LAJU, M-VANCE, dll.

4 thoughts on “Proses Pengolahan Minyak Inti Sawit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *