Rendemen Minyak Kelapa Sawit yang dihasilkan oleh Pabrik Sawit

Pabrik kelapa sawit tidak hanya sekadar memproduksi minyak kelapa sawit. Pabrik yang memproduksi minyak kelapa sawit penting untuk mengetahui cara menghitung rendemen minyak kelapa sawit. Rendemen perlu diketahui guna mengetahui seberapa besar pabrik dalam memproduksi minyak kelapa sawit. Hal ini akan berguna bagi pabrik karena rendemen yang diketahui dapat menjadi kontrol terhadap peningkatan kualitas pabrik dalam memproduksi minyak kelapa sawit. Berikut lebih jauh mengenai rendemen minyak kelapa sawit yang pasti ada dalam sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi minyak.

Mengetahui Definisi Rendemen dari Bahan Utama Kelapa Sawit

Definisi rendemen kelapa sawit, yaitu perbandingan jumlah antara minyak kelapa sawit kasar atau CPO yang diproduksi dalam setiap kilogram TBS. Dalam satu kilogram buah kelapa sawit perlu diketahui seberapa besar rendemennya. Terdapat rumus yang dipergunakan untuk menghitung rendemen dari kelapa sawit dalam sebuah pabrik. Yaitu, RKS = (CPO/TBS) x 100%. RKS merupakan persentase rendemen kelapa sawit dengan satuan dalam persen (%). CPO merupakan jumlah atau kuantitas dari Crude Palm Oil yang diproduksi dengan satuan dalam kilogram (kg). TBS merupakan jumlah atau kuantitas dari Tandan Buah Segar yang dilakukan pengolahan dengan satuan dalam kilogram (kg).

Proses Perhitungan Rendemen dari Kelapa Sawit

Pabrik minyak kelapa sawit harus menyediakan tim atau orang-orang yang ahli dalam melakukan perhitungan rendemen minyak kelapa sawit. Sehingga pabrik dalam sekali produksi dapat mengetahui berapa persen rendemen yang dihasilkan. Telah diketahui rumus dasar rendemen untuk minyak kelapa sawit. Untuk menghitungnya, maka akan diberikan contoh perhitungan sebagai berikut.

Dalam soal dinyatakan terdapat sebuah pabrik produksi minyak kelapa sawit melakukan pekerjaan mengolah Tandan Buah Segar 300.000 kg dalam sehari. Untuk jumlah dari minyak kelapa sawit mentah yang berhasil diproduksi oleh pabrik tersebut adalah 50.000 kg dalam sehari. Dari data pabrik minyak kelapa sawit tersebut, berapa besar rendemen yang ada? Kemudian dilakukan perhitungan untuk mengetahui besar rendemen pabrik kelapa sawit tersebut berdasar rumus yang sudah disebutkan sebelumnya.

Penyelesaian soal diketahui Tandan Buah Segar (TBS) sebesar 300.000 kg/hari. Untuk Crude Palm Oil (CPO) sebesar 50.000 kg/hari. Lalu berapakah RKS pabrik tersebut? Cara termudah adlaah dengan memasukkan angka-angka tersebut dalam rumus RKS = (CPO/TBS) x 100%. Maka, RKS = (50.000/300.000) x 100% = 16,67%. Dan diperolehlah rendemen yang dihasilkan oleh pabrik kelapa sawit sebesar 16,67%.

Tujuan Mengetahui Rendemen dari Minyak Kelapa Sawit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan sebuah pabrik minyak kelapa sawit adalah untuk meningkatkan produktivitas. Selain itu, dengan perhitungan dari rendemen tersebut, pabrik minyak kelapa sawit dapat menentukan mutu minyak. Dalam hal ini, sistem pengendalian mutu juga dapat dilakukan dengan mengetahui besarnya rendemen dari minyak kelapa sawit. Pengendalian mutu minyak kelapa sawit terkait dengan kualitas. Jika tidak dikendalikan, maka mutu dari minyak kelapa sawit menjadi tidak konsisten. Kadang memiliki mutu yang baik dan kadang tidak. Jika demikian, tidak hanya akan membahayakan pabrik, pekerja pabrik, namun juga konsumen. Sehingga tidak sekadar tahu, karena perhitungan rendemen pabrik kelapa sawit juga untuk mengukur kualitas pabrik dalam memproduksi minyak kelapa sawit.

Dari mengetahui pengertian rendemen pabrik kelapa sawit, rumus rendemen, sampai perhitungan rendemen dari minyak kelapa sawit. Menjadi bekal pabrik kelapa sawit dalam menjaga mutu dan kualitas minyak yang diproduksi. Dan tentunya membuat konsumen tetap setia untuk membeli minyak kelapa sawit dari pabrik tersebut dengan kualitas terbaik.

Rendemen Minyak Kelapa Sawit yang Dihasilkan oleh Pabrik Sawit

Merek Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses pabrik kelapa sawit berasal dari negara Eropa/ Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB-MODIPALM, WANG YUEN, Kejuruteraan WANG YUEN , SAWIPAC, KHUN HENG, YKL, EMI, MSB, MSHK, SEW Eurodrive, SEW, Flender, SIEMENS FLENDER, MUAR BAN LEE, MBL, SWF KRANTECHNIK, DEMAG, DEMAGCRANES, BOILERMECH, MECHMAR, ATMINDO, ADVANCE,  VICKERS, SAS, Super Andalas Steel, TAKUMA, MAX, MAX Chain, OCM, PRECISION, PC Chain, RENOLD, RENOLD Chain & Sprocket, OMEGA, KANA, HITACHI, TSUBAKI,  BROOK ANDELL, REXTON, EAST FORCE, NOVENCO, NORDISK, CHICAGO, PHOENIX, DOLPHIN, TECHNO, ABC,  HIP HING, APINDO, LAJU, AMKCO, SWECO, JINSHENG, KIEN SENG, KS,  VIBRECON, PMT,  Dong Yuan, GS, jayatech, ENMIN, ERIEZ, serumpun Indah Lestari, SIL,  MTP, TORISHIMA, KEW CRACKER, KEW, KEW Pump, viktorindo, ARITA, HOLY, UT PATRIA, RICTEC, KOMPTECH, FRONTIER, asia green, aneka hydraulic, REXROTH,  MSHK, MSB, Mega Engineering, UNIVESSEL,  AWAN TIMUR, MUARA PALMA, SEW, EATON, HSS, M-VANCE,  ARI ARMATUREN, TECO, ELEKTRIM, ELECTRIM, ELECON, FLENDER, BREVINI,  MOLLER, SUMITOMO, SIEMENS, DEMAG, DEMAG CRANE, DEMAGCRANES, KONE, KONECRANES, Wampfler, CONDUCTIX, NADROWSKI, KKK, Atlas Copco, Dresser Rand, ELLIOTT, SHINKO, DEUTZ, Mercedez,  MTU, SKF, NTN, FAG, KINGOYA, ETANI, PALFINGER, SIHI, FOSS – NIR, NIR, SPEC, Sovereign Palm oil extractor cleanser, fusheng, SUNLE, SINACO, Szetech, SEKO, OKM, MTO2, SPECK PUMPEN, Southern Cross, WARMAN, TSURUMI, NIKKISO, ALLEN GWYNNES, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *