SHINKO STEAM TURBINE GENERATOR BESERTA SPESIFIKASI TURBIN UAP

Shinko steam turbine generator, sejenis peralatan darat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bisnis mesin pompa laut dan turbin uap Shinko IND, Ltd. Mengingat di zaman ini, peran turbin uap sangatlah dibutuhkan khususnya terdapat dalam PLTU, pabrik pengolahan kelapa sawit, sistem transportasi dan masih banyak lagi, pada artikel saya kali ini, saya akan membahas mengenai spesifikasi turbin uap secara umum. Kemudian, saya pun akan mengarahkan artikel ini lebih kepada spesifikasi produk turbin uap yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan besar asal jepang ini.

Turbin uap merupakan sebuah mesin yang menggunakan media berupa uap air sebagai penggeraknya dalam mengkonversikan energi panas menjadi energi listrik. Berdasarkan pada sebuah makalah turbin uap yang disusun oleh kumpulan mahasiswa Institut Sains & Teknologi AKPRIND, dapat disimpulkan bahwa turbin uap merupakan suatu alat yang dapat digunakan sebagai sumber pembangkit energi listrik, industri dan transportasi. Pada umumnya, terdapat beberapa jenis turbin uap sebagai berikut:

  1. Berdasarkan pada segi tekanan akhir uap, jenis turbin terbagi menjadi turbin tekanan lawan dan turbin kondensasi.

  2. Berdasarkan pada arah aliran uap, jenis turbin terbagi menjadi turbin aksial, turbin radial dan turbin tangesial.

  3. Berdasarkan  pada azas tekanan uap, turbin uap terbagi menjadi turbin implus dan turbin reaksi.

  4. Berdasarkan pada pembentukan tingkat uap, turbin uap terbagi menjadi turbin tekanan bertingkat dan turbin kecepatan bertingkat.

  5. Berdasarkan pada aliran uap dan casingnya, turbin uap terbagi menjadi turbin reheat dan non-heat, turbin ekstraksi dan non-ekstrasi dan turbin Single casing dan multi casing.

  6. Berdasarkan pada Exhaust flow, turbin uap terbagi menjadi single flow dan multi flow.

Jenis turbin multi flow biasa digunakan di pabrik-pabrik besar seperti PLTU maupun pengolahan kelapa sawit karena jenis turbin ini mampu mengatasi permasalahan perluasan exhaust dan dapat mengimbangi gaya aksial yang terdapat dalam poros turbin. Selain jenis turbin, saya juga akan menjelaskan mengenai komponen turbin uap. sebenarnya, terdapat beberapa macam komponen yang membentuk turbin uap. semua itu bergantung pada modifikasi yang diciptakan oleh perusahaan mesin uap untuk setiap perkembangannya. Jadi, untuk lebih ringkasnya saya hanya akan menjelaskan mengenai komponen utama yang membentuk turbin uap, yaitu:

  1. Turbin; jenis turbin yang digunakan adalah turbin uap. dengan menggunakan media utama uap air, turbin ini akan merubah energi panas menjadi energi listrik dengan cara konversi.

  2. Pompa air; berfungsi dalam menciptakan tekanan pada air dan mengalirkannya menuju boiler HRSG.

  3. Kondensor; alat yang digunakan untuk merubah uap menjadi air.

  4. Dearator; berfungsi untuk menghilangkan O2 dan gas lainnya yang terlarut dalam air pengisi.

Selanjutnya, saya akan menjelaskan bagian turbin uap dan fungsinya. pada sebuah turbin uap, terdapat beberapa bagian penting pembentuk mesin yang terdiri atas:

  1. Shaft sheals; terdapat diantara poros dan casing turbin. Dengan menggunakan sistem labyrinth seal,shaft sheals pada turbin uap berfungsi untuk mencegah uap air serta udara masuk melalui sela-sela poros dan casing karena perbedaan tekanan.

  2. Turbine bearings; dengan menggunakan jenis bantalan thrust bearing, journal bearing, maupun kombinasi, turbine bearings berfungsi untuk menahan berat dan diam komponen rotor.

  3. Balance piston; berfungsi untuk melawan gaya reaksi yang dapat menghasilkan gaya aksial pada sisi belakang silinder pertama turbin.

  4. Turbine stop valves; berfungsi dalam mengisolasi turbin dari pemasukan air dalam keadaan darurat.

  5. Turbine control valve; berfungsi dalam mengontrol masukan uap air agar sesuai dengan sistem kontrol.

  6. Turning device; berfungsi untuk mencegah distorsi akibat berbagai proses seperti pemanasan atau pendinginan yang tidak sesuai pada rotor.

    shinko-Steam Turbine Generator Beserta Spesifikasi Turbin Uap

    Steam Turbine Generator Beserta Spesifikasi Turbin Uap
    Turbin Uap PKS

    Mengenai mekanisme atau cara kera turbin uap, sebelumnya, apakah anda pernah mendengar berita mengenai boiler pabrik kelapa sawit meledak di Rokan Hulu? Apa yang menyebabkan boiler itu meledak?  Seharusnya, turbin uap bekerja dengan cara memutar cakram yang dihasilkan oleh tiupan uap yang berasal dari ketel uap. Uap yang memiliki tekanan tinggi serta temperatur tinggi tersebut kemudian dirubah oleh kondensor menjadi uap bertekanan dan bersuhu rendah. Karena terjadinya perubahan suhu, uap tersebut akhirnya berubah menjadi air yang kemudian dipompakan kembali menuju boiler. Namun, pada insiden tersebut, boiler pada stasiun klarifikasi pengolahan minyak kelapa sawit tersebut tidak berjalan sesuai fungsingnya sehingga alat tersebut meledak karena keluarnya minyak panas bersuhu tinggi.

Selanjutnya, saya akan membahas mengenai turbin uap yang dikeluarkan oleh Shinko. Produk-produk turbin uap yang telah diciptakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang penciptaan mesin pompa dan turbin ini telah didistribusikan ke berbagai pabrik dan industri seperti industri petrokimia, industri pupuk, industri gula, industri kertas, pabrik pembakaran sampah dan masih banyak lagi. Untuk standarperhitungan turbin uap, Shinko IND, Ltd. telah menentukan standarnya sendiri yaitu untuk turbin uap yang biasa digunakan di Industri, setiap model turbin uap memiliki kapasitas pengeluaran maksimum sebessar 30,000 kW dalam 12 tahap. Mengenai produk turbin uap Shinko khususnya Shinko steam turbine generator, perusahaan ini menawarkan berbagai jenis turbin uap generator seperti:

  1. Shinko DNG40: Back pressure generator turbines (rateau 4-stage with reduction gear)

memiliki output maksimum sebesar 10.000 kW, tekanan uap sebesar 2.5 MpaG, Gland Seal dengan sistem Labyrinth packing serta sistem lubrikasi yang memiliki 3 sampai 4 katup pipa kontrol.

  1. Shinko DNG50: Back pressure generator turbines (rateau 5-stage with reduction gear)

memiliki output maksimum sebesar 16.000 kW, tekanan uap sebesar 0.5 MpaG, Gland Seal dengan sistem Labyrinth packing serta sistem lubrikasi yang memiliki 5 katup pipa kontrol.

  1. Shinko DNG60: Condensing generator turbines (rateau 6-stage with reduction gear)

memiliki output maksimum sebesar 10.000 kW, tekanan uap sebesar710 mmHg, Gland Seal dengan sistem Labyrinth packing serta sistem lubrikasi yang memiliki 3 katup pipa kontrol.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai produk Shinko steam turbine generator, anda dapat membacanya di shinko steam turbine manual book yang berjudul Shinko Industrial Steam Turbines pada website: www.shinkohir.co.jp atau bisa juga diminta pada beberapa agen/distributor yang menyediakan genset / turbin di kota kota besar di Indonesia.

10 thoughts on “SHINKO STEAM TURBINE GENERATOR BESERTA SPESIFIKASI TURBIN UAP”

  1. Penerbitan Jaminan Garansi Bank & Jaminan Surety Bond, Tender Projec Non Collatral

    Untuk Rate Masih Bisa negosisikan kembali
    Hubungi:

    PT. ANUGRAH LUAS JAYA
    Consultan ,
    Telp . 021 – 42888259
    Fax . 021 – 42888256
    E-mail : herwan_anugrah@yahoo.com
    Hp : 081318523334

    Kepada Yth,
    Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta
    PT, LTD, TBK
    Up : Pimpinan / Finance Manager
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan Serta Bisa Menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Untuk Akhir Tahun

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA (Insurance Brokerage) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi & Surety Bond bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, VICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral) serta polis jaminan kami antar dengan kondisi sebagai berikut :

    Jenis Jaminan,
    1.Jaminan Penawaran / Bid ( Tender) Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan / Peformance Bond.
    3.Jaminan UangMuka/Advance.
    4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
    5. Paymen Bond

    Bank Penerbit :
    BANK BRI BANK BNI BANK MANDIRI BANK BCA BANK BII BANK BUMIPUTRA BANK BTN BANK BPD DKI BANK SAMSEL BANK KALTIM BANK SULUT BANK BENGKULU BANK BUKOPIN BANK EXIM

    Asuransi Penerbit :
    Asuransi Askrindo Asuransi Jasindo Asuransi AseI Asuransi Bumi Putra Muda
    Asuransi Ramayana Asuransi Bosowa Asuransi Mega Pratama Asuransi Intra Asia
    Asuransi Aspan Asuransi Raya Asuransi Himalaya Dll

    Syarat Syarat Penerbitan Bank Garansi & Asurans :
    Membuat Surat Permohonan Bank Garansi / Asuransi Melampirkan No : Undangan Lelang SPPH / P.O / SPK Akta Pendirian Perusahaan serta Perubahannya Akta Penyesuaian sesuai UU No. 40 Tahun 2007, dan NPWP, SIUP, SIUJK, TDP, SBU / TDR,Listing pengalaman kerja , Laporan Keuangan 2 Tahun Terakhir (Neraca Beserta Rugi / Labanya)

    Demikianlah kerjasama ini kami ajukan di semua bidang perusahaan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik & berkesinambungan di masa yang akan datang, kami ucapkan terima asih.

    Hormat kami
    PT. ANUGRAH LUAS JAYA (ALJ)
    Nama : HERWANTO HAMZAH
    Telp : 02142888259
    Fax : 02142888256
    Email: herwan_anugrah@yahoo.com
    Hp : 081318523334

  2. Baru sempet baca postingan ini hari ini, dan ternyata kontennya menarik banget.
    Kayaknya aku akan sering mampir di mari, semangat update terus kontennya ya min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *