Sistem Kerja Sterilizer pada Pabrik Kelapa Sawit

Pada umumnya, pabrik kelapa sawit memiliki sistem kerja sterilizer yang berguna untuk membersihkan buah kelapa sawit. Dengan lebih cepat dan tanpa banyak memerlukan tenaga manusia, penggunaan sterilizer dapat mempercepat proses pembersihan kelapa sawit sebelum diproses lebih lanjut. Mesin ini bekerja mulai dari membersihkan tandan buah segar hingga menghasilkan biji – biji inti sawit yang siap diproses lebih lanjut.

Ada beberapa tipe sterilizer yang umum digunakan di pabrik – pabrik sawit. Salah satu yang paling umum digunakan adalah vertical sterilizer. Sistem vertical ini memiliki system kerja dengan pompa hidrolik dan pada umumnya memiliki pengaman kunci elektronik untuk menutup bagian atas alat dimana buah sawit segar dimasukkan.

Sistem Kerja Sterilizer pada Pabrik Kelapa Sawit
Rebusan Kelapa Sawit

Kerja Sterilizer pada Pabrik Kelapa Sawit

Proses kerja

Pada intinya mesin sterilizer bekerja dengan scraper conveyor yang berfungsi untuk membersihkan tandan sawit segar sekaligus memisahkan biji inti dari buahnya. Sebelum masuk ke conveyor, biasanya tandan sawit segar harus melewati proses perebusan yang dilakukan pada mesin terpisah. Walau demikian proses perebusannya dilakukan dengan otomatis sehingga tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga. Setelah itu, sawit hasil perebusan diproses dengan mesin stabilizer yang memilki scraper conveyor. Sebelum proses selanjutnya dimulai, tangki conveyor diisi dengan air kurang lebih hingga ¼ bagian sehingga sawit yang dimasukan seluruhnya akan terendam dalam air sehingga tidak mudah rusak.

Saat ini teknologi sudah semakin berkembang. Mesin vertical sterilizer palm oil mill sudah mulai diaplikasikan untuk memotong proses produksi. Dengan mesin vertical ini proses perebusan dan pembersihkan tidak lagi dilakukan dengan sistem manual dan mesin terpisah. Kelapa sawit segar direbus dengan system double peak dan hanya memakan waktu kurang lebih 80 menit. Hasil perebusan juga tidak perlu dikeluarkan secara manual karena mesin ini memiliki auger yang dapat mengeluarkan hasil rebusan dan memasukkannya ke system conveyor hanya dengan bantuan satu orang operator.

Cara kerja yang lebih baik

Didandingkan dengan mesin lama, vertical stabilizer jauh lebih efektif. Mesin vertical ini sudah dikembangkan untuk melakukan serangkain proses perebusan dan pembersihan yang lebih cepat dan efisien. Mesin yang telah dikembangkan dengan labih baik dilengkapi dengan sejenis paying untuk menjaga agar tandan sawit segar dan hasil rebusan tidak mudah tersebar dan rusak. Mesin ini juga mengubah pengertian perebusan yang awalnya hanya digunakan untuk pembersihkan dan pelunakan bagian luar sawit agar bijinya mudah diambil, menjadi proses awal pembersihan awal yang lebih efektif.

Cara kerja yang lebih efektif ini lebih menjamin keamananan dan efisiensi kerja sehingga hasil sawit pun lebih berkualitas dan lebih banyak. Tenaga operator hanya diperlukan pada saat tandan buah sawit segar harus dimasukkan ke dalam mesin. Kemudian, mesin juga harus ditutup oleh operator. Selanjutnya, semua proses yang tadinya manual dilakukan secara otomatis dengan mesin. Mesin akan membersihkan dan merebus sawit segar selama 80 menit. Kemudah gearbox akan membantu mesin untuk mengocok sawit dan menghubungkan tempat perebusan dengan conveyor yang digunakan untuk mendapatkan biji sawit inti yang akan dijadikan minyak.

Sayangnya, proses perebusan dan pembersihan inti sawit dengan mesin ini masih memiliki resiko bocor. Untuk itu Anda harus memastikan mesin yang Anda pilih memilki teknologi yang aman dan terjamin. Salah satu jaminan tutup dan sambungan antar mesin untuk mencegah kebocoran adalah dengan memilih mesin yang memilki karet pintu rebusan yang berkualitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *