Tugas dan Lowongan Kerja Pabrik Minyak Kelapa Sawit

Pabrik kelapa sawit di Indonesia banyak berpusat di pulau Sumatera. Di sanalah perkebunan dan pabrik berada, salah satunya adalah pabrik kelapa sawit riau. Pabrik memiliki kapasitas produksi kelapa sawit yang banyak setiap tahunnya. Sehingga orang-orang yang bekerja di pabrik kelapa sawit sangat banyak. Tidak jarang, pabrik kelapa sawit sering membuka lowongan kerja pabrik kelapa sawit terbaru. Guna memperoleh sumber daya manusia yang selalu unggul dan enerjik dalam membantu mengembangkan produksi minyak kelapa sawit. Adapun beberapa tugas penting yang ada di dalam parik kelapa sawit. Baik pabrik kelapa sawit mini maupun pabrik kelapa sawit skala besar. Ada baiknya menyimak tugas-tugas yang utama dalam pabrik kelapa sawit.

Tugas Manager di Pabrik Kelapa Sawit

Di dalam pabrik kelapa sawit, manager memiliki tugas yang terbilng berat. Sebagai atasan, manager harus tegas dan cermat dalam mengatur orang-orang yang memiliki jabatan di bawahnya. Tugas utama manager di sebuah pabrik kelapa sawit adalah mengawasi dan mengatur setiap proses yang berjalan di pabrik tersebut. Jabatan manager pabrik kelapa sawit harus dapat membuat setiap pekerja dapat bekerja dengan berkualitas agar dalam memproduksi minyak kelapa sawit selalu efektif serta efisien. Manager di dalam pabrik kelapa sawit dapat terjun langsung melakukan pengaturan. Namun, dapat pula menyerahkan tanggung jawab tersebut kepada mandor. Sedapat mungkin target yang diinginkan pabrik kelapa sawit harus tercapai dengan arahan dari manager. Sehingga seorang manager harus bertugas sesuai dengan Standar Operasional prosedur, memikirkan bagaimana agar produktivitas minyak kelapa sawit dapat terus ditingkatkan, bekerja sesuai dengan anggaran pabrik kelapa sawit, serta dapat mengayomi atasan serta bawahannya dengan baik. Meskipun terbilang berat, lowongan kerja manager pabrik kelapa sawit juga banyak yang mengisi.

Tugas Mandor di Pabrik Kelapa Sawit

Di dalam proses produksi pabrik kelapa sawit, keberadaan mandor sangatlah penting. Agar setiap pekerja di pabrik kelapa sawit dapat bekerja dengan tertib dan tidak asal-asalan. Dalam pabrik kelapa sawit, mandor terbagi dalam tiga jabatan. Pertama, adalah Mandor Alat yang memiliki tugas sebagai orang yang melakukan kontrol terhadap setiap alat pada perkebunan kelapa sawit. Kedua, adalah Mandor Perawatan yang memiliki tugas sebagai orang yang melakukan kontrol pada tanaman kelapa sawit agar selalu terawat dengan baik. Ketiga, adalah Mandor Panen yang memiliki tugas melakukan pengontrolan setiap waktu panen Tandan Buah Segar kelapa sawit tiba. Dari tiga jabatan mandor di pabrik kelapa sawit tersebut, dirangkum dalam tugas utama seorang mandor adalah sebagai berikut. Mandor bertugas untuk mengontrol lahan perkebunan kelapa sawit. Setiap mandor dikenakan mengawasi dan mengontrol lahan dengan luas sekitar lima puluh hingga seratus hektar. Mandor juga sangat penting membimbing asisten lapangan dalam melakukan pengontrolan terhadap Buruh Harian Lepas, menyusun laporan pemupukan tanaman kelapa sawit, serta memberikan laporan data dari setiap panen kelapa sawit dilaksanakan. Mandor di pabrik kelapa sawit juga wajib menyusun laporan harian dalam data administrasi. Seorang mandor di perkebunan maupun pabrik kelapa sawit dapat dikenali dari penampilan. Tidak berbeda  dengan manager, seorang mandor juga harus memiliki wibawa. Sehingga dalam bekerja, mandor harus terlihat rapi serta memiliki kecakapan dalam mengatur fungsi tugasnya di dalam pabrik kelapa sawit. Dan jabtan mandor pun juga keraap masuk dalam lowongan kerja pabrik minyak kelapa sawit.

Tugas Asisten di Pabrik Kelapa Sawit

Asisten termasuk jabatan yang penting dan utama dalam pabrik kelapa sawit. Ada dua jabatan asisten pada pabrik mini kelapa sawit maupun pabrik besar kelapa sawit. Pertama, Asisten Divisi atau dikenal dengan Asisten Afdeling. Kedua, Asisten Pabrik. Asisten bertanggung jawab untuk membantu tugas manager serta pegawai yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor maupun di lapangan. Secara umum, tugas asisten yang bekerja di kantor, maka terbagi dalam waktu pagi dan sore. Saat pagi, asisten harus sudah siap di kantor lebih awal dari manager dan pegawai. Kemudian melakukan pengecekan siapa saja pekerja yang masuk dan tidak masuk pada hari itu. Lanjut mengecek alat transportasi guna mengantarkan pekerja ke tempat perkebunan kelapa sawit untuk siap panen. Setelah itu, asisten perlu mengecek kembali data administrasi sebelum dari waktu yang ditentukan. Saat sore, asisten di pabrik kelapa sawit sudah sibuk melakukan pemeriksaan terhadap laporan prestasi dari pekerja. Dalam hal ini, asisten diperkenankan untuk meminta bantuan dari atasannya, yaitu, mandor jika menemui kesulitan. Kemudian asisten juga harus sudah menyerahkan sejumlah laporan ke bagian krani untuk memperoleh acc. Dan kembali melakukan pengecekan dari data yang di masukkan atau input pihak krani pada keesokan harinya.

Untuk asisten di pabrik kelapa sawit yang bekerja di lapangan, maka harus sudah standby di perkebunan kelapa sawit di pagi hari. Waktu sesuai dengan jam kerja yang diberikan pabrik, biasanya sebelum pukul tujuh pagi. Saat di lapangan, asisten perlu menjelaskan kepada pekerja bagaimana praktik panen kelapa sawit yang benar. Asisten juga harus mengawasi setiap pekerja dan barulah melaporkan ke pihak mandor jika terjadi penyimpangan. Jika tidak ada hal yang mendesak, sedapat mungkin tetap berada di lapangan guna mengawasi para pekerja. Asisten pabrik kelapa sawit juga harus selalu siap menyediakan transportasi untuk berangkat dan pulang para pekerja. Ketika pabrik melakukan ekspansi lahan perkebunan, maka sudah pasti akan langsung membuka lowongan kerja asisten pabrik kelapa sawit.

Tugas Operator di Pabrik Kelapa Sawit

Tugas operator harus mengetahui seperti apa rancangan pabrik kelapa sawit. Sebab operator harus tahu diagram alir proses kerja dari pabrik dalam memproduksi minyak kelapa sawit. Setiap stasiun di pabrik kelapa sawit harus terdapat minimal satu orang yang menjabat sebagai operator dalam stasiun produksi. Beberapa di antaranya tugas dari operator adalah sebagai berikut.  Di Stasiun “Penerimaan Buah”, operator ada yang bertugas membersikan lantai, bagian transfer lorry, pintu loading ramp, serta tiang pada unit mesin di stasiun tersebut. Di Stasiun “Rebusan”, operator juga bertugas membersihkan lantai serta siap dibagian perebusan untuk mengeluarkan Tandan Buah Segar yang sudah dilakukan perebusan. Di Stasiun “Pemipilan”, operator bertugas melakukan penarikan pada lori, melakukan pembukaan serta melakukan pemasangan kembali pada rantai crane. Orang yang menjabat sebagai operator di pabrik kelapa sawit harus paham dasar mesin. Bahkan sebuah pabrik kelapa sawit dalam kapasitas besar, dalam waktu tertentu kembali membuka lowongan kerja pabrik kelapa sawit sumatera utara untuk menambah posisi operator agar kerja mesin lebih terpantau kembali.

Setiap tugas dari lowongan kerja di pabrik kelapa sawit disesuaikan dengan jabtan yang ditunjuk. Dengan kerja sistem kontrak maupun tetap, pabrik kelapa sawit berusaha untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Dan salah satunya lowongan kerja pabrik kelapa sawit riau menjadi tawaran yang menarik untuk mereka yang tertarik bekerja di pabrik kelapa sawit.

Merek Mesin Pabrik Kelapa Sawit yang ada di Pasaran

Produsen mesin proses di stasiun klarifikasi pabrik kelapa sawit pada awalnya banyak dari Negara Eropa, tapi sekarang juga sudah ada beberapa produsen yang jual mesin proses pabrik kelapa sawit berasal dari negara Eropa/ Malaysia / Indonesia. Contoh beberapa merek mesin Proses pengolahan  minyak kelapa sawit yang ada di Pabrik Sawit: CB-MODIPALM, WANG YUEN, Kejuruteraan WANG YUEN , SAWIPAC, KHUN HENG, YKL, EMI, MSB, MSHK, SEW Eurodrive, SEW, Flender, SIEMENS FLENDER, MUAR BAN LEE, MBL, SWF KRANTECHNIK, DEMAG, DEMAGCRANES, BOILERMECH, MECHMAR, ATMINDO, ADVANCE,  VICKERS, SAS, Super Andalas Steel, TAKUMA, MAX, MAX Chain, OCM, PRECISION, PC Chain, RENOLD, RENOLD Chain & Sprocket, OMEGA, KANA, HITACHI, TSUBAKI,  BROOK ANDELL, REXTON, EAST FORCE, NOVENCO, NORDISK, CHICAGO, PHOENIX, DOLPHIN, TECHNO, ABC,  HIP HING, APINDO, LAJU, AMKCO, SWECO, JINSHENG, KIEN SENG, KS,  VIBRECON, PMT,  Dong Yuan, GS, jayatech, ENMIN, ERIEZ, serumpun Indah Lestari, SIL,  MTP, TORISHIMA, KEW CRACKER, KEW, KEW Pump, viktorindo, ARITA, HOLY, UT PATRIA, RICTEC, KOMPTECH, FRONTIER, asia green, aneka hydraulic, REXROTH,  MSHK, MSB, Mega Engineering, UNIVESSEL,  AWAN TIMUR, MUARA PALMA, SEW, EATON, HSS, M-VANCE,  ARI ARMATUREN, TECO, ELEKTRIM, ELECTRIM, ELECON, FLENDER, BREVINI,  MOLLER, SUMITOMO, SIEMENS, DEMAG, DEMAG CRANE, DEMAGCRANES, KONE, KONECRANES, Wampfler, CONDUCTIX, NADROWSKI, KKK, Atlas Copco, Dresser Rand, ELLIOTT, SHINKO, DEUTZ, Mercedez,  MTU, SKF, NTN, FAG, KINGOYA, ETANI, PALFINGER, SIHI, FOSS – NIR, NIR, SPEC, Sovereign Palm oil extractor cleanser, fusheng, SUNLE, SINACO, Szetech, SEKO, OKM, MTO2, SPECK PUMPEN, Southern Cross, WARMAN, TSURUMI, NIKKISO, ALLEN GWYNNES, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *