Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Pabrik Kelapa Sawit

Turbin pabrik kelapa sawit disebut-sebut sebagai pusat dari pabrik tersebut. Hal ini disebabkan karena ketel uap adalah sumber tenaga prioritas yang dipergunakan untuk mengolah kelapa sawit. Minyak sawit adalah salah satu produk yang permintaannya sangat besar saat ini. Permintaan yang besar ini mendorong perngusaha minyak sawit melakukan banyak upaya untuk membuat perubahan berupa pengefisiensian. Turbin pabrik sawit digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan penghematan biaya operasional. Mesin turbin disebut bisa menghemat biaya operasi karena digerakkan tanpa bahan bakar seperti solar ataupun bensin, melainkan dengan memanfaatkan uap atau steam dari boiler atau ketel uap.

Mengenai ketel uap (Boiler)

Sesuai yang sudah disebutkan sebelumnya dalam melakukan prosesnya, pabrik kelapa sawit tidak akan bisa lepas dari pemakaian mesin turbin uap yang digunakan untuk menghasilkan uap. Uap yang diperlukan dapat dibuat dari ketel uap yang menggunakan bahan bakar dari sabut kelapa dan juga cangkang kelapa sawit. Selain untuk menggerakkan turbin uap pabrik sawit, ketel uap juga digunakan dalam berbagai peralatan lain misalnya sterilizer dan juga untuk menjernihkan minyak.

Cara kerja turbin uap

Turbin uap terdiri dari bagian utama sebagai berikut:

  • Ketel uap sebagai penghasil tenaga
  • Turbin uap untuk penggerak
  • Pompa untuk mengisikan air ke ketel (boiler)

Turbin uap merupakan sebuah mesin yang memiliki cakram yang mempunyai daun-daun. Daun-daun inilah yang kemudian bergerak dengan menggunakan uap yang dihasilkan oleh ketel uap dan menghasilkan tenaga listrik.

Prinsip kerja dari turbin di pabrik kelapa sawit dimulai dengan mengubah air menjadi uap yang dilakukan diketel uap dengan pemanasan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Nanti uap akan dialirkan ke turbin. Uap yang merupakan energi kinetik ini diubah menjadi energi mekanik dengan menggunakan cakram turbin yang berdaun. Cakram berfungsi seperti kincir angin yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Setelah itu uap akan dialirkan ke kondensor untuk diubah kembali ke dalam bentuk air. Setelah berubah menjadi air kemudian air dipompakan lagi ke ketel untuk mengalami proses atau siklus selanjutnya.

Turbin uap industri kelapa sawit adalah penghasil tenaga listrik di pabrik kelapa sawit

Uap yang diproduksi oleh mesin ketel uap akan dipanaskan lagi untuk menghasilkan uap kering. Uap kering inilah yang nantinya akan dipakai dalam mesin turbin uap. Meski turbin uap ini nantinya menggunakan uap kering yang dimilikinya untuk memutar turbin. Pemutaran trubin yang terjadi pada mesin uap ini sangat bergantung pada temperatur dan juga tekanan dari uap kering yang dihasilkan. Secara tidak langsung turbin untuk pabrik kelapa sawit dipakai untuk mengubah energi kinetik menjadi sebuah energi listrik yang nantinya digunakan sebagai penggerak perlengkapan yang ada di pabrik kelapa sawit.

Dalam pemilihan mesin turbin uap dalam pabrik kelapa sawit, baiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Mesin turbin uap harus dipilih yang dapat menghasilkan tekanan yang sama dengan ketel uap. Ketel uap bisa menghasilkan tenaga atau tekanan yang berlebihan atau kurang dalam sebuah mesin turbin. Ketel uap yang sesuai adalah ketel yang memiliki tekanan 3 bar lebih dari tekanan yang diperlukan. Tekanan yang lebih ini diperlukan untuk mengatasi hilangnya energi yang bisa terjadi karena instalasi pipa yang kurang tepat. Jika tekananannya tidak tepat hal ini bisa berakibat pengolahan minyak sawit menjadi tidak sempurna. Jadi pemilihan mesin turbin pabrik kelapa sawit tidak boleh sembarangan.

Untuk memperoleh Turbin yang tepat, perlu kerjasama dengan distributor yang tepat.

5 thoughts on “Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Pabrik Kelapa Sawit”

  1. Howdy woսld yoս mind sharing ᴡhich blog platform you’re ԝorking with?
    Ι’m loоking to tart mʏ own blog ѕoon but I’m
    hаving a hard time deciding bеtween BlogEngine/Wordpress/В2evolution ɑnd Drupal.
    Thhe reason І ask is ƅecause your cyclone separator design seems different thеn most
    blogs and I’m lookiing for sоmething unique.
    P.S Apologies for bеing οff-topic but I hɑԁ to ask!

  2. Hey there! Thіs post coulԁn’t be written anny ƅetter!
    Reading thiss post reminds mе of my οld roοm mate!
    He always kept talking about this. I wilpl forward tһiѕ article tо him.
    Pretty ѕure hee wilⅼ have a gߋod reaɗ. Thank
    yоu foor sharing!

    Feell free tߋ sirf tߋ mү web рage :: palm oil mill effluent

  3. Fantastic golds fгom үou, mаn. I’ve understand your stuff ⲣrevious to and yоu’re ϳust extremely
    magnificent. I аctually liҝe what yoս’ѵe acquired here, really lіke what you are stating and tthe wаy in whicһ you say it.
    You mаke іt enjoyable and үou stilⅼ take cade
    of to кeep it wise. I cаnt wzit to read mսch mre from yօu.

    This іs really а terrific website.

    Мy page foss nir machine

  4. I must thank you for the efforts youu һave put in writing thiis website.
    І’m hoping to view the same hіgh-grade blog posts by yοu іn tһe future аs well.
    In truth, yoսr creative writing abilities һas inspired me
    to get my оwn site noԝ 😉

    Aⅼsо visit my blog … nir feed analyzer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *